Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yahoo Lepas Bisnis Web, Pembeli Ditunggu Sebelum 11 April

Kompas.com - 31/03/2016, 09:43 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Yahoo mengumumkan rencana untuk menjual unit bisnis web dan beberapa asetnya di wilayah Asia. Calon pembeli diminta untuk mengajukan penawaran sebelum tenggat waktu pada 11 April 2016 mendatang.

Seorang sumber membocorkan bahwa penasihat bisnis Yahoo telah meminta para calon pembeli untuk mengirim atau memasukkan proposal pembelian.

Isi proposal tersebut kurang lebih daftar aset yang diminati, harga yang ditawarkan, hingga metode pembayaran.

Sebagian calon pembeli bisa jadi akan tertarik untuk memiliki inti bisnis web Yahoo atau beberapa bagiannya saja. Sedangkan yang lain mungkin berminat pada saham grup Alibaba atau Yahoo Jepang.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Wall Street Journal, Kamis (31/3/2016), salah satu pionir mesin pencari web itu juga akan menjual kurang lebih 40 perusahaan kecil yang ada di bawahnya.

Perusahaan yang dimaksud antara lain Verizon Communication Inc., InterActiveCorp (IAC), dan Time Inc. Ada juga perusahaan investasi swasta TPG dan KKR & Co.

Microsoft siap bantu

Bocoran lain menyebutkan bahwa Microsoft sudah berniat membantu pendanaan bagi perusahaan yang ingin membeli Yahoo. Tujuannya agar raksasa software tersebut bisa tetap mendapat keuntungan dari kerja sama dengan Yahoo, seandainya perusahaan tersebut dijual ke pihak ketiga.

Bila deadline penawaran tersebut lancar, proses penjualan Yahoo bisa saja selesai pada Juni atau Juli mendatang. Dengan demikian, akan bertepatan dengan jadwal pertemuan tahunan para pemegang saham.

Proses penjualan Yahoo ditangani oleh sebuah dewan independen yang terdiri dari Chairman Maynard Webb, Thomas McInerney, dan H. Lee Scott, Jr.

Chief Executive Officer Yahoo Marissa Mayer tidak diperkenankan ikut serta dalam dewan tersebut. Hal ini demi mengantisipasi kemungkinan dirinya ikut mengajukan tawaran melalui perusahaan investasi swasta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com