Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Tantang “Robot” Google yang Kalahkan Juara Dunia Go

Kompas.com - 02/04/2016, 08:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Reuters


KOMPAS.com - AlphaGo sukses membuat juara dunia board game tradisional Go, Lee Sedol, bertekuk lutut. AlphaGo bukan manusia, melainkan sebuah “robot”, program Artificial Intelligence (AI) buatan Google.

Tak lama lagi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Reuters, Sabtu (2/4/2016), AlphaGo bakal segera kedatangan penantang baru dari China.

Sebuah tim berisi para ahli TI Negeri Tirai Bambu rencananya akan mengajukan tantangan kepada AlphaGo pada akhir tahun ini.

Tantangan yang disuarakan dalam sebuah acara gelaran Chinese Go Association dan Chinese Association for Artificial Intelligence itu masih berkisar soal adu pintar dalam game Go.

Sebelumnya, AlphaGo yang dikembangkan oleh anak perusahaan Google, DeepMind, mengejutkan khalayak saat ia sukses menekuk Lee Sedol dalam sebuah seri pertandingan di Seoul, Korea Selatan, awal bulan ini.

Padahal, Go sebelumnya dipandang sebagai game antik yang sangat rumit dan sulit untuk dimengerti oleh komputer. Para ahli pun tak menyangka sebuah program AI sudah bisa mengalahkan pemain profesional.

Selain Google, raksasa-raksasa teknologi lain juga terlibat dalam pengembangan AI, termasuk Microsoft, juga Baidu yang merupakan ekuivalen Google di China. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com