Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Dicaplok Foxconn, Sharp Fokus Produksi "Layar iPad"

Kompas.com - 04/04/2016, 13:08 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Sejak pertengahan Februari 2016, Foxconn telah memenangkan akuisisi terhadap Sharp. Namun, penandatanganannya belum berlangsung. Nilai akuisisi pun belum diumbar resmi.

Awal April ini urusan bisnis kedua perusahaan teknologi lintas negara menjadi jelas. Foxconn resmi mencaplok Sharp dengan nilai 3,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 46 triliun.

Angka itu lebih lebih rendah dari rumor yang beredar sebelumnya, yakni berkisar antara Rp 74 triliun hingga Rp 83 triliun.

Dalam konferensi pers yang dilaporkan Reuters dan dihimpun KompasTekno, Senin (4/4/2016), CEO Foxconn Terry Gou sudah punya strategi jitu membuat Sharp kembali untung.

Ke depan, kata Gou, Sharp bakal diproyeksikan untuk fokus memproduksi teknologi layar IGZO alias "indium gallium zinc oxide". Teknologi itu digunakan pada beberapa perangkat kawakan seperti iPad buatan Apple.

Menurut Gou, IGZO lebih unggul ketimbang OLED alias "organic light-emitting diode". Selain karena tampilannya yang lebih ramah mata, IGZO juga diklaim lebih efisien energi ketimbang OLED.

Gou bahkan sudah merencanakan Sharp bakal memproduksi 60 persen layar berteknologi IGZO dan 40 persen OLED di masa depan.

"Saya punya peta yang jelas di hati (terkait masa depan Sharp)," kata Gou. "Jika kami tak bisa membawa perubahan pada Sharp, kompetitor global kami akam memakan kami hidup-hidup," ia menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com