Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Gratiskan Fitur Privasi di BBM

Kompas.com - 06/04/2016, 07:20 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Layanan pesan instan BlackBerry Messenger menggratiskan fitur privasi yang sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh pelanggan berbayar.

Fitur-fitur yang bisa dinikmati secara gratis di antaranya adalah "Retract" dan "Timer".

Fitur "Retract" berguna untuk menarik pesan yang terlanjur dikirim. Sementara, "Timer" berguna untuk membatasi beredarnya pesan, mirip fungsi dari aplikasi Telegram atau Snapchat.

"Rilis baru ini memberikan privasi lebih dan kontrol kepada pengguna BBM tanpa harus berlangganan," kata Matthew Talbot, Senior Vice President BlackBerry, seperti dikutip KompasTekno dari blog BlackBerry, Selasa (5/4/2016).

Selain fitur "Retract" dan "Timer", pengguna BBM juga bisa mengakses fitur "Private Chat" dan "Edit".

Fitur "Private Chat" membuat nama dan avatar tidak muncul di percakapan. Sedangkan, "Edit" berguna utnuk meng-edit teks yang telah dikirim.

Pembaruan lain yang diberikan BlackBerry adalah meneruskan pesan (Forward message) dan peningkatan performa, termasuk perbaikan bug.

Fitur-fitur privacy yang disebutkan di atas sebenarnya sudah tersedia sejak Oktober 2014 lalu. Namun, fitur tersebut hanya bisa digunakan oleh pelanggan berbayar BlackBerry Messenger.

Dengan memberikan fitur-fitur berbayar menjadi gratis, mampukah BlackBerry mencegah pengguna setianya beralih ke platform messaging lain yang semakin diminati, seperti WhatsApp, Facebook Messenger, atau Snapchat?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com