Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Buat Tunanetra Bisa "Melihat" Foto

Kompas.com - 06/04/2016, 11:01 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Fitur terbaru Facebook untuk Apple iOS membuat orang buta bisa melihat atau mengenali berbagai foto. Caranya dengan membacakan deskripsi setiap foto yang ditemui di linimasa media sosial tersebut.

Facebook memang telah lama berusaha mengembangkan kecerdasan buatan yang bisa mengenali berbagai objek dalam sebuah foto.

Mereka memakai jejaring syaraf yang meniru fungsi otak untuk mengenali objek. Selanjutnya mereka melatih kecerdasan buatan tersebut memakai jutaan contoh gambar.

Dalam keterangan pers yang diterima KompasTekno, Rabu (6/4/2016), Facebook mengumumkan ketersediaan  kecerdasan buatan itu di aplikasi Facebook untuk perangkat mobile berbasis iOS. Wujudnya adalah fitur bernama Automatic Alternative Text.

Fitur tersebut memungkinkan saat pengguna menjelajah linimasa dan menemukan foto, fitur tersebut otomatis membuat deskripsi.

Berbagai objek di dalam foto akan disebutkan sehingga bisa didengar pengguna tunanetra. Misalnya mengatakan, "Foto ini berisi tiga orang, tersenyum, dan berada di luar ruangan."

Sementara ini, Automatic Alternative Text baru bisa mendeskripsikan foto ke dalam bahasa Inggris. Hanya pengguna di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia serta Selandia Baru yang bisa memakainya.

Facebook berencana merilis fitur itu ke berbagai negara, bahasa serta platform lain dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com