Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Google Hadirkan YouTube Khusus Game di Indonesia

Kompas.com - 07/04/2016, 09:51 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Google akhirnya memboyong "YouTube Gaming" ke Tanah Air, Kamis (7/4/2016). Layanan tersebut sudah diperkenalkan di beberapa negara sejak pertengahan 2015 lalu.

Pada prinsipnya, "YouTube Gaming" mirip dengan "YouTube" yang lebih dulu hadir. Keduanya sama-sama merupakan platform video streaming untuk memenuhi kebutuhan visual pengguna.

Hanya saja, "YouTube" ibarat toko kelontong yang menyediakan berbagai macam produk. Sementara "YouTube Gaming" hanya menyediakan video yang berhubungan dengan game.

Menurut Head of Communication Google Indonesia Putri Silalahi, "YouTube Gaming" hadir untuk menjawab kebutuhan pecinta game yang jumlahnya sangat masif.

Sebagai gambaran, durasi menonton video game global di "YouTube" meningkat 60 persen dalam kurun waktu satu tahun. Putri enggan mengumbar persentase detail di Indonesia.

"Yang jelas Indonesia adalah salah satu negara paling potensial untuk industri game" kata dia, saat ditemui di kantor Google Indonesia, Senayan, Jakarta.

Untuk mempermudah akses ke "YouTube Gaming", pengguna "YouTube" tak perlu membuat akun baru. Sebab dua platform itu dibangun dalam satu infrastruktur.

Semua konten terkait game yang tersedia di "YouTube" akan tersedia pula di "YouTube Gaming". Jika pengguna mencoba mengunggah video yang tak berkaitan dengan game ke "YouTube Gaming", layanan tersebut akan otomatis menolak.

"Jadinya lebih terorganisir. Kalau di YouTube misalnya ada yang cari game Call of Duty, video yang keluar bisa macam-macam. Bisa ada video musik atau film yang kata kuncinya mirip. Tapi kalau di YouTube Gaming yang keluar pasti langsung game yang dicari," ia menjelaskan.

Live gaming dan live chatting

Yang paling menarik, pengguna bisa mengunggah video sedang bermain game secara real-time. Cukup pilih game yang hendak dimainkan di "YouTube Gaming", tekan opsi "live", dan pilih media sosial untuk membagi tautan "live" tersebut.

"YouTube Gaming" menyediakan lebih dari 25.000 game yang bisa dimainkan langsung dari platform tersebut dan diunggah "live". Namun, kemampuan ini hanya tersedia untuk aplikasi mobile versi Android.

Saat "live", wajah pengguna akan otomatis muncul dalam sebuah lingkaran kecil pada laman game, dengan memanfaatkan tangkapan kamera depan smartphone Android.

Pengguna juga bisa mendapat respons langsung dari netizen yang menyaksikan aksinya melalui kolom "live chatting". Mekanismenya kurang lebih sama dengan layanan live-streaming "Periscope". Dengan ini, sosialisasi antara sesama pecinta game bisa lebih optimal.

Bagi para pecinta game, Anda bisa mengakses "YouTube Gaming" dengan mengunduh aplikasinya di Google Play Store dan Apple App Store. Sementara pengguna PC bisa mengakses layanan ini lewat situs gaming.youtube.com.

Selain di Indonesia, negara Asia lain yang sudah bisa menikmati layanan ini antara lain Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Hongkong, dan Taiwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com