Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Patenkan "Contact Lens" yang Bisa Memotret

Kompas.com - 07/04/2016, 12:23 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Daily Mail


KOMPAS.com - Alih-alih kacamata pintar berkamera seperti Google Glass, Samsung rupanya lebih tertarik mengembangkan lensa kontak yang bisa mengambil gambar, langsung dari depan mata penggunanya.

Informasi yang dihimpun KompasTekno dari Daily Mail, Kamis (7/4/2016) menyebutkan bahwa perusahan asal Korea Selatan ini mematenkan desain sebuah perangkat contact lens yang dibekali layar, kamera, sensor pendeteksi gerakan, dan antena.

Kamera contact lens atau mungkin bisa pula disebut lensa kontak pintar ini bisa dikendalikan lewat gerakan, misalnya dengan mengedipkan mata.

Selain meneruskan gambar ke mata pengguna, perangkat yang bersangkutan juga bisa menjepret foto dan mengirimkannya ke gadget pendamping seperti smartphone.

Samsung Skema lensa kontak berkamera dari Samsung dalam aplikasi paten perangkat yang bersangkutan

Belum jelas apakah lensa kontak pintar Samsung bakal benar-benar terwujud atau tidak. Apabila memang hadir di pasaran, kemungkinan ia akan tersandung masalah privasi karena bisa dipakai mengambil gambar diam-diam, seperti yang dialami oleh Google Glass.

Selain Samsung, Google sendiri diketahui telah mematenkan perangkat serupa. Hanya saja, peruntukannya sedikit berbeda.

Perangkat lensa kontak pintar yang dipatenkan Google ditujukan untuk memonitor kadar gula penderita diabetes. Namun, Google juga mempertimbangkan untuk menanam kamera di lensa kontak agar bisa memberikan “kemampuan melihat” bagi tuna netra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com