Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapur Ikea Bisa Dijelajahi Lewat Virtual Reality

Kompas.com - 07/04/2016, 16:37 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Fortune


KOMPAS.com - Implementasi teknologi virtual reality (VR) tak melulu hanya untuk game atau film saja. Pabrikan perabot rumah pun bisa memanfaatkannya untuk memberikan tur tiga dimensi pada calon pembeli.

Itulah langkah Ikea, perusahaan perabot asal Swedia, yang minggu ini meluncurkan eksperimen vr bertajuk Ikea VR Experience, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Fortune, Kamis (7/4/2016).

Virtual reality berkembang cepat dan akan menjadi bagian sehari-hari kita dalam waktu lima hingga sepuluh tahun. Kami melihat bahwa virtual reality akan memegang peranan penting di masa depan bagi para konsumen,” uajr Managing Director Ikea, Jesper Brodin, dalam sebuah posting berisi pengumuman di laman Ikea.

Ikea VR Experience sendiri bakal disalurkan dalam bentuk aplikasi melalui platform Steam milik Valve. Aplikasi ini bisa dipakai dengan kacamata VR Vive buatan HTC, yang juga menjadi mitra Ikea.

Ikea Tampilan dapur dalam Ikea VR Experience

Di dalamnya, pengguna bisa menjelajahi tiga desain dapur dari Ikea. Selain melihat aneka perabotan di sekeliling, pengguna juga bisa berinteraksi dengan aneka obyek seperti membuka laci untuk melihat peralatan yang tersimpan.

Pengguna juga bisa mengganti warna sejumlah perabotan atau menyesuaikan “tinggi badan”, untuk mendapat sudut pandang orang dewasa atau anak-anak.

Untuk sekarang, “tur virtual” yang tersedia memang masih terbatas. Namun, di masa depan nanti, bukan tidak mungkin calon pelanggan bisa melihat dan mengatur perabotan seisi rumah sebelum membelinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fortune
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com