Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Selebriti dan Media Bayaran" di Facebook Live

Kompas.com - 08/04/2016, 10:52 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Recode

KOMPAS.com - Facebook mengeluarkan segala cara untuk meningkatkan jumlah pengguna Live, layanan video siaran langsung bikinannya. Bahkan, raksasa jejaring sosial ini rela menggelontorkan uang demi memperbanyak pengguna layanan tersebut.

Perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu dikatakan membayar sejumlah uang kepada beberapa selebriti dan media. Tujuannya, merayu pengguna untuk menggunakan aplikasi Live.

Jika tidak membuat video langsung sendiri, Facebook berharap pengguna datang untuk menonton.

Informasi mengenai "selebriti dan media bayaran" tersebut awalnya hanya sekadar rumor belaka.

Namun, pihak Facebook sendiri sudah mengakui jika mereka memberikan hadiah atau insentif berupa uang bagi siapapun yang ikut mempromosikan Live, termasuk selebriti dan media.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Recode, Jumat (8/4/2016), ini pertama kalinya bagi Facebook mengakui memberikan bayaran uang pada perusahaan media dan selebriti untuk memakai layanan tersebut.

“Kami memang bekerja sama dengan beberapa rekan, dan di antaranya ada kerja sama yang melibatkan uang,” ujar Product Director Facebook Fidji Simo, yang bertanggung jawab mendongkrak pemakaian Live.

Media mana saja? Menurut bocoran seorang sumber yang dekat dengan masalah itu, Facebook setidaknya membayar media seperti New York Times, Buzzfeed, Tastemade, dan Huffington Post.  

Ada kemungkinan, Vox Media juga menerima pembayaran serupa, namun menurutnya, hal itu berlum terkonfirmasi.

Sayangnya, tidak disebutkan selebriti mana saja yang menerima pembayaran dari Facebook.

Membayar selebriti dan media sendiri sebenarnya bukan sebuah tindakan yang salah. Bukan berarti, layanan ini juga jelek.

Namun, ini bisa jadi merupakan upaya Facebook untuk mengampanyekan fitur Live. Tindakan ini tentunya dilakukan hanya demi mendongkrak pengguna semata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com