Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Kiprah Ponsel BlackBerry 10

Kompas.com - 09/04/2016, 19:37 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - BlackBerry Leap bakal menjadi ponsel berbasis BlackBerry 10 terakhir yang diluncurkan. Di masa yang akan datang, perusahaan asal Kanada ini tak berencana meluncurkan perangkat baru berbasis sistem operasi mobile tersebut.

Niatan tersebut disampaikan oleh CEO BlackBerry John Chen dalam sebuah wawancara, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Sabtu (9/4/2016).

Platform besutan BlackBerry sendiri itu lambat laun memang mulai ditinggalkan. Contohnya, WhatsApp beberapa waktu lalu mengumumkan bakal mencabut dukungan OS BlackBerry.

Tak berapa lama kemudian, giliran perusahan induk WhatsApp, Facebook, melakukan hal serupa. Entah siapa yang berikutnya bakal mencampakkan BlackBerry 10.

Meski tak lagi menjadi fokus perusahaan, Chen mengatakan para pemilik BlackBerry 10 bakal terus mendapat update software.

Akan halnya kiprah BlackBerry memasuki pasar Android, kelanjutan upaya ini masih perlu dilihat di masa depan. Terlebih karena Chen pernah menyatakan bakal berhenti membikin ponsel kalau tak kunjung meraih untung.

Dalam kuartal yang berakhir pada 29 Februari lalu, BlackBerry hanya mencatat penjualan ponsel sebanyak 600.000 unit, atau turun 100.000 unit dibandingkan kuartal sebelumnya meskipun sudah “dibantu” oleh kehadiran BlackBerry Priv.

Menyusul laporan turunnya penjualan itu, BlackBerry memangkas harga Priv sebesar 50 dollar AS.

Chen untuk ini mengaku masih pede BlackBerry bisa membalik peruntungan di bisnis ponsel.

Namun, boleh jadi nantinya mantan raja smartphone tersebut bakal lempar handuk dan beralih ke divisi layanan software yang lebih menguntungkan dengan proyeksi pertumbuhan 30 persen dalam 12 bulan ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SlashGear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com