Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Rahasia” Game Klasik Nintendo Baru Terungkap Setelah 29 Tahun

Kompas.com - 13/04/2016, 19:24 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Polygon


KOMPAS.com - "Punch Out!!" adalah game klasik untuk konsol lawas Nintendo Entertainment System (NES) yang dirilis pada 1987 atau 29 tahun lalu. Selama hampir tiga dekade sejak kemunculannya, permainan tinju tersebut ternyata masih menyimpan rahasia yang baru ditemukan belakangan ini.

Rahasia dimaksud, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Polygon, Rabu (13/4/2016) adalah petunjuk tersembunyi untuk meng-KO lawan tertentu dengan satu pukulan.

Petunjuk itu diberikan lewat animasi salah satu penonton yang berada di garis depan. Apabila diperhatikan dengan saksama, hanya ada satu penonton yang berjenggot. Penonton itu ditandai dengan bulatan merah pada gambar di atas.

Secara sekilas, penonton tersebut tampak tak bergerak sedikitpun ketika pemain bertanding melawan karakter Piston Honda dan Bald Bull.

Nah, ketika si penonton berjenggot tiba-tiba menunduk, itulah saatnya pemain bisa melancarkan serangan yang bakal meng-KO dua karakter itu dalam satu pukulan.

Sebelumnya, para pemain "Punch Out!!" sudah mengetahui  bahwa kedua lawan itu bisa dikalahkan dengan sekali pukul. Hanya saja, selama ini timing persisnya tidak diketahui dan cuma bisa ditebak-tebak.

Si penonton berjenggot bisa disebut sebagai easter egg yang sengaja disematkan oleh para developer "Punch Out!!" karena timing untuk meng-KO lawan yang ditunjukannya ternyata berlaku konsisten dan bisa diulang.

Penjelasan selangkapnya bisa dilihat dalam video di bawah yang diunggah oleh sang penemu rahasia, seorang pengguna YouTube bernama Midwesternhousewives.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Polygon


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com