Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Malaysia Tewas Kesetrum iPhone

Kompas.com - 18/04/2016, 15:23 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Seorang wanita asal Malaysia bernama Suhana Mohamad (30) dilaporkan meninggal akibat tersetrum peranti iPhone. Ponsel buatan Apple tersebut diketahui sedang dipakai untuk menelepon, sembari diisi baterainya (di-charge), saat kejadian tersebut berlangsung.

Kejadian itu dibenarkan oleh Komisaris Besar Kepolisian Malaysia Abdul Ghani Mohamad Ji, seperti dikutip KompasTekno dari situs lokal Kosmo.

Suhana, seorang warga Taman Desa Baiduri, Cheras, Kuala Lumpur pada Jumat (15/4/2016) lalu sekitar pukul 23.30 waktu setempat diketahui sedang menelepon menggunakan iPhone yang terhubung dengan kabel listrik pengisi ulang daya baterai (charger).

Tidak jelas jenis iPhone beserta aksesori kabel charger yang dipakai. Jenis soket listrik yang dipakai juga tidak dijelaskan.

Belum diketahui pasti penyebab masalah tersebut. Akan tetapi, para pelaku industri di Malaysia berkomentar bahwa aksesori charger yang tidak sesuai atau disertifikasi menjadi penyebab tersengatnya Suhana.

Tahun lalu, seorang wanita asal Hong Kong melaporkan jarinya sering kesemutan setelah menggunakan ponsel sembari di-charge.

Sementara pada 2013 lalu, pria di Beijing sempat koma akibat tersetrum saat menggunakan iPhone 4 yang juga sedang terhubung dengan colokan listrik.

Seorang wanita China di tahun yang sama juga tewas saat menerima panggilan telepon dengan iPhone 5 yang sedang di-charge.

Apple mengatakan sedang menginvestigasi kasus-kasus di atas. Apple juga sempat me-recall sejumlah charger iPhone beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com