Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/04/2016, 16:43 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah berhasil menggaet Iflix, PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) berniat bekerja sama dengan layanan over the top (OTT) lain. Total, ada empat layanan yang sudah dan akan digandeng.

"Iflix bukan satu-satunya. Kami ingin pelanggan punya banyak kombinasi dan pilihan. Sekarang sudah seleksi 30 OTT player, tapi kami akan ambil 4 saja," kata Project Director TV Video Business Telkom Joddy Hernady saat ditemui KompasTekno seusai peluncuran Iflix di Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Menurut Joddy, keempat layanan tersebut adalah Iflix, Viu, Catchplay, dan Hooq. Keempatnya dikatakan memiliki satu kesamaan, yakni menyediakan konten video secara streaming. Empat OTT itu diyakini mewakili semua kebutuhan video pelanggan IndiHome.

Dari keempat nama tersebut, boleh jadi tinggal Catchplay dan Viu yang terdengar cukup asing. Pasalnya, layanan Hooq sudah dirilis di Indonesia, minggu lalu. Sementara itu, iFlix baru saja diumumkan.

Baca: Telkom IndiHome Luncurkan Layanan "Streaming" Film Iflix

Catchplay sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembelian hak distribusi berbagai film. Layanan tersebut akan menyalurkan hak distribusi tersebut dalam bentuk cakram DVD dan juga video streaming.

Layanan ini dikenal sebagai penyalur besar di industri film Taiwan dan China.

"Bedanya, Catchplay ini menjagokan film-film Hollywood yang baru tayang. Selang beberapa minggu, (filmnya) sudah bisa ada di sini. Kalau Viu itu untuk penggemar drama," tutur Joddy.

Telkom berharap, streaming film dari layanan OTT tersebut bakal membuat pelanggan IndiHome makin betah dan meng-upgrade paket internet.

Baca: Iflix Datang, Telkom Buka Blokir Netflix?

Akhir tahun lalu, pelanggan IndiHome sudah mencapai 1 juta orang. Menurut Joddy, pertumbuhan pelanggan mencapai 5.000 orang per hari.

"Sekarang sudah ada sekitar 1,5 juta pelanggan. Dengan makin banyak konten, kami berharap pelanggan makin loyal," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com