Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Xperia Z3 Bisa Dipakai Menjajal Android N

Kompas.com - 24/04/2016, 07:50 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Pengembang aplikasi (developer) bisa menggunakan smartphone Sony Xperia Z3 untuk mencoba sistem operasi Android berikutnya yang akan dirilis oleh Google, Android N.

Kepastian tersebut didapat setelah Google dan Sony mengumumkan kerja sama berupa pengujian Android N Developer Preview di perangkat Xperia Z3, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Ars Technica, Minggu (24/4/2016).

Dengan kerja sama itu, pengembang aplikasi Android kini tidak harus memiliki ponsel Google Nexus untuk mencoba sistem operasi yang rencananya bakal diluncurkan Google di acara Google I/O pada Mei mendatang.

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Sony Xperia Z3 dalam genggaman.
Pengumuman Google dan Sony ini di luar kebiasaan. Google biasanya menganakemaskan perangkat-perangkat buatannya sendiri, seperti Nexus dan Android One agar dapat mencicipi update lebih dahulu.

Meski demikian, Android N Developer Preview seperti biasanya, juga tetap bisa dicoba oleh pengembang dengan ponsel Android Nexus.

Sebelumnya, Google juga pernah bekerja sama dengan Sony dalam memberikan versi Android M Developer Preview (Marshmallow) di 17 perangkat buatannya untuk diuji pada 2015 lalu.

Tahun ini, selain Google Nexus, Xperia Z3 keluaran 2015 yang menjadi ponsel flagship Sony juga bakal dipakai sebagai rujukan pengembangan aplikasi untuk OS baru Google itu.

Pembaruan di sistem operasi Android terbaru Google itu antara lain adalah kemampuan menampilkan dua layar aplikasi secara bersamaan (split screen), panel notifikasi yang diperbarui, dukungan API grafis Vulkan, dan beberapa fitur Java 8.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com