Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bikin Inkubator Startup agar Karyawan Tak Kabur?

Kompas.com - 25/04/2016, 09:00 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Semangat startup (perusahaan rintisan digital) membahana di Silicon Valley, tak terkecuali pula di lingkungan internal Google. Di antara talenta perusahaan tersebut ada orang-orang yang ingin merealisasikan ide, lalu keluar untuk mendirikan perusahaan baru.

Hal ini rupanya agak membuat pusing Google. Raksasa internet itu pun mencari cara bagaimana supaya para karyawan tak “kabur” dari perusahaan.

Kabar yang dirangkum KompasTekno dari Engadget, Senin (25/4/2016) menyebutkan bahwa Google mendirikan perusahaan inkubator startup bernama “Area 120” untuk alasan ini.

Di Area 120, Google memberi tempat pada karyawan yang ingin mewujudkan proyek pribadi. Mereka yang memiliki ide dipersilakan mengajukan rencana bisnis.

Kalau proposal diterima, karyawan yang bersangkutan boleh menghabiskan waktu beberapa bulan untuk mematangkan ide tersebut, tanpa harus memikirkan pekerjaan utama di Google.

Para karyawan pun berkesempatan menguji ide masing-masing tanpa harus takut kehilangan pekerjaan di Google apabila ide tersebut gagal terealisasi.

Sebelumnya, Google memang dikenal memberi kebebasan bagi karyawan untuk mengerjakan proyek pribadi lewat kebijakan “20% projects”.

Para pegawai didorong untuk mengalokasikan 20 persen dari waktu kerja mereka untuk mengerjakan pekerjaan sampingan.

Google belum membenarkan atau menampik dugaan keberadaan inkubator startup Area 120. Kalaupun benar, belum jelas pula kapan inkubator tersebut bakal mulai dibuka.

Meski berusaha menciptakan budaya perusahaan yang mirip startup, para karyawan tak selamanya betah di Google.

Beberapa orang eks-Googler yang keluar dari perusahaan itu telah berhasil mendirikan bisnis baru yang sukses. Misalnya saja Kevin Systrom, yang sempat bekerja selama dua tahun di Google sebelum mendirikan layanan photo sharing Instagram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com