Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartfren Rilis Kartu Perdana VoLTE

Kompas.com - 03/05/2016, 14:43 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memperluas adopsi jaringan 4G LTE dan teknologi Voice over LTE (VoLTE) miliknya, operator seluler Smartfren meluncurkan kartu perdana VoLTE melalui sebuah acara yang digelar di Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Dijual seharga Rp 5.000, kartu perdana ini memungkinkan pengguna memakai fitur VoLTE di handset 4G manapun. Syaratnya, ponsel yang bersangkutan mesti mendukung koneksi LTE lewat band 5 (850 MHz) dan band 40 (2.300 MHz), berikut pengaturan mode jaringan LTE-only.

Fitur VoLTE kemudian bisa diakses melalui aplikasi Android Smart VoLTE yang dapat diunduh di toko Google PlayStore.

Salah satu perangkat yang bisa memakai fitur VoLTE Smartfren adalah Samsung Galaxy J1 edisi 2016 yang turut diluncurkan dalam paket bundling di kesempatan yang sama.

"Peluncuran starter pack VoLTE ini adalah salah satu strategi Smartfren untuk memudahkan konsumen yang ingin beralih ke jaringan 4G LTE Smartfren. Sebagai perusahaan yang mengedepankan 4G LTE Advanced, service kami bisa dinikmati di banyak device," ujar Head of Brand and Marketing Communication Smartfren Roberto Saputra ketika berbicara dalam acara peluncuran.

Dibanding voice call biasa lewat jaringan 2G/ 3G, teknologi VoLTE Smartfren menawarkan sejumlah kelebihan berupa sambungan antar telepon yang lebih cepat, suara lebih jernih, dan bisa melakukan video call.

"Berbeda dari layanan sejenis dari operator lain, VoLTE Smartfren lewat aplikasi Smart VoLTE bisa dipakai untuk menelepon ke semua operator," tambah Division Head Device Planning and Management Smartfren Sukoco Purwokardjono.

Penggunaan VoLTE tidak mengurangi kuota data paket internet Smartfren, melainkan diambil dari pulsa utama dengan tarif Rp 900 per menit.

Selain Galaxy J1 edisi 2016, kartu perdana VoLTE dan aplikasi SmartVoLTE sudah didukung oleh sejumlah handset model lain dari Samsung, mencakup seri high end seperti Galaxy S7 Edge, Galaxy S6 Edge+, Galaxy Note 5, juga Galaxy A3, A5, A7, dan A8.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com