Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Chrome dan Internet Explorer, Siapa Lebih Unggul?

Kompas.com - 04/05/2016, 06:24 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber PC World

KOMPAS.com - Google Chrome dan Internet Explorer saling beradu untuk menjadi peramban (browser) terfavorit. StatCounter dan NetMarketShare telah membuat riset tentang kedua browser tersebut. Bagaimana hasilnya?

Ternyata, dari survey keduanya, diketahui Google Chrome menjadi peramban terfavorit bagi banyak orang, mengalahkan Internet Explorer.

Sebenarnya sudah sejak empat tahun lalu StatCounter mencatat Google Chrome sebagai peramban yang paling banyak dipakai, namun baru kali ini simpulan tersebut bisa sama dengan perhitungan perusahaaan riset internet lainnya, NetMarketShare.

Dilansir KompasTekno dari PC World, Selasa (3/5/2016), riset StatCounter dan NetMarketShare sama-sama menyimpulkan bahwa Google Chrome lebih populer ketimbang Internet Explorer.

Statistik dari NetMarketShare menunjukkan bahwa tingkat pemakaian Chrome di desktop mencapai 41,66 persen pada April lalu. Sedangkan pengguna Internet Explorer hanya 41,35 persen.

Sementara itu StatCounter mencatat bahwa tingkat pemakaian Chrome mencapai 60,47 persen, dibandingkan Internet Explorer yang 13,25 persen pada April lalu.

Sekadar diketahui, angka dari StatCounter juga menunjukkan bahwa peramban buatan Microsoft tersebut tertinggal dari Mozilla Firefox yang tingkat pemakaiannya mencapai 15,62 persen.

Perbedaan perhitungan antara NetMarketShare dan StatCounter disebabkan oleh metode pengambilan data mereka. StatCounter hanya mengambil data mentah dari page view ke berbagai situs.

Sedangkan NetMarketShare mengukur kunjungan unik (unique visit) serta memperhitungkan lalu lintas internet berdasarkan negara asal. Dengan demikian, statistik tersebut mewakili wilayah-wilayah yang paling banyak aktif di internet.

Microsoft sendiri sudah mulai meninggalkan Internet Explorer dan mendorong adopsi peramban Edge yang mereka sematkan di Windows 10. Namun data dari NetMarketShare disebut sudah menghitung pemakaian Edge bersama dengan angka untuk Internet Explorer.

Sedangkan data dari StatCounter justru menunjukkan bahwa orang-orang hanya mencoba Edge sebentar kemudian meninggalkannya sama sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PC World
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com