Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mancing Ikan Pakai Drone, Kenapa Tidak?

Kompas.com - 05/05/2016, 11:42 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Semua pasti akan sepakat bila ada yang mengatakan drone bisa dipakai untuk memotret hingga mengantar barang. Tapi benarkah jika ada yang mengatakan bahwa pesawat tanpa awak itu dapat dipakai untuk memancing?

Ternyata benar. Setidaknya hal itu dibuktikan dengan percobaan dan pengalaman Jaiden Maclean, Brody Maclean dan Byron Leal dari Sea Ulcer Aerial Media.

Ketiga pria tersebut membawa sebuah drone DJI Phantom ke pantai di kawasan Fingal Head, New South Wales, Australia. Drone itu mereka pakai sebagai alat bantu memancing ikan di kawasan itu.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari PetaPixel, Selasa (3/5/2016), Maclean memasang umpan ikan yang terkait di alat pancing pada drone yang mereka bawa. Selanjutnya pesawat tanpa awak itu diterbangkan ke tengah laut.

Kamera yang terpasang di drone dipakai untuk memantau lokasi ikan berkumpul. Setelah terlihat segerombolan ikan tuna ekor panjang yang sedang melintas, Maclean kemudian melepaskan umpan yang sudah dikaitkan pada drone tersebut, sehingga jatuh tepat di atas gerombolan ikan.

Umpan berupa cumi-cumi itu pun langsung disantap seekor tuna ekor panjang. Senar pancing yang menahan umpan tidak disangkutkan pada drone agar tidak ikut terseret.

Sementara itu di tepi pantai, Maclean berusaha menggulung senar pancing yang tersambung pada umpan tersebut demi menarik ikan ke arahnya. Usahanya tak sia-sia, ia berhasil mendapatkan satu ekor tuna ekor panjang dengan bobot 20 kilogram.

Video proses memancing ikan memakai drone itu direkam dan dipublikasikan melalui YouTube. Meskipun kelihatannya mudah, Maclean mengatakan sesungguhnya hal tersebut sangat sulit dan mereka membutuhkan lima hari untuk mendapat satu ikan.

Drone sendiri hanya dipakai sebagai alat untuk melemparkan umpan ke posisi yang tepat, jauh menuju ke tengah lautan.

Lebih detilnya, simak video memancing menggunakan drone di bawah ini.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com