Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KFC di China Pekerjakan Pelayan Robot

Kompas.com - 09/05/2016, 12:28 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Jaringan fast-food ayam goreng KFC di China menjadi salah satu restoran pertama yang memanfaatkan jasa robot untuk melayani pengunjung. Sang robot yang bernama Dumi ditempatkan di sebuah concept store di kota Shanghai.

Seperti dirangkum KompasTekno dari Metro, Senin (9/5/2016), kecerdasan buatan yang tertanam di Dumi membuat robot itu sanggup menerima pesanan dari tamu melalui perintah suara.

Pengunjung cukup memberitahukan menu apa yang hendak dipesan, layaknya berbicara kepada staf restoran biasa. Dumi pun bisa mengganti pesanan apabila tamu berubah pikiran.

Pembuatnya mengatakan, Dumi untuk saat ini masih sedikit kesulitan mengenali dialek dan aksen bahasa yang berbeda. Ia pun belum mampu menanggapi pesanan dalam bahasa Inggris.

Dumi adalah hasil kerja sama antara KFC dan raksasa search engine China, Baidu. Ia merupakan kulminasi hasil riset dan pengembangan artificial intelligence selama 10 tahun.

thenanfang.com Sosok robot Dumi
Outlet konsep bernama "Original+" yang menjadi "rumah" Dumi untuk sekarang berlokasi di National Exhibition and Convention Center di Shanghai. Melalui restoran eksperimental ini, KFC dan Baidu hendak menyajikan pengalaman digital bagi pengunjung.

Selain Dumi, restoran yang bersangkutan turut menyediakan layanan "digital". lain seperti wireless charging station dan pilihan mode pembayaran lewat layanan mobile payment, seperti Alipay, Tenpay, atau Baidu Wallet.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com