Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viv, Asisten Digital Buatan Pencipta Siri

Kompas.com - 10/05/2016, 16:01 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Nama Dag Kittlaus dan Adam Cheyer mungkin kurang begitu familiar. Namun, siapa sangka, keduanya ternyata merupakan pencipta dari asisten digital Apple, Siri.

Selepas proyek Siri, Kittlaus dan Cheyer ternyata masih penasaran untuk mengembangkan asisten digital lain. Kini, hasil pengembangan tersebut sudah terlihat. Keduanya baru saja memperkenalkan produk baru bernama Viv.

Bisa dikatakan, Viv merupakan pesaing dari Siri, asisten digital yang dibuat sendiri oleh Kittlaus dan Cheyer. Bahkan, asisten virtual tersebut diklaim lebih canggih dibandingkan Siri. Menurut keduanya, Viv adalah versi lebih lanjut dari Siri.

Sederhananya, Viv mampu terkoneksi dengan berbagai layanan internet pihak ketiga, sedangkan Siri hanya terhubung pada aplikasi bawaan Apple.

Pendekatan Viv lebih mirip dengan Alexa buatan Amazon dan bot pada Facebook Messenger, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Selasa (10/5/2016).

Ketiganya memiliki sistem yang terbuka, memungkinkan integrasi dengan vendor lain sehingga bisa mengeksekusi permintaan pengguna secara lebih tepat.

Sementara itu, Siri dan Google Now berprinsip sebaliknya. Kedua asisten bekerja secara tertutup dan eksklusif.

"Viv dirancang sebagai sebuah platform yang terbuka untuk semua layanan, semua perangkat, dan bisa dipersonalisasi untuk semua orang," kata salah satu investor Viv, Adam Koopersmith.

"Asisten ini akan memahami preferensi pengguna melalui berbagai rekam jejaknya di dunia maya, baik melalui perangkat mobile, perangkat smart home, maupun smart car," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com