Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Aplikasi WhatsApp Bisa Digunakan di PC dan Mac

Kompas.com - 11/05/2016, 07:52 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp meluncurkan aplikasi desktop untuk pengguna Windows 8 ke atas dan Mac OS 10.9 ke atas. Ini merupakan kelanjutan dari WhatsApp Web yang tersedia pada browser sejak awal 2015 lalu.

Seperti melalui browser, aplikasi desktop memungkinkan pengguna mengobrol maya dengan teman atau keluarga di depan layar komputer atau laptop. Pada saat itu, smartphone boleh dianggurkan di laci atau kantong celana.

Namun perlu diingat, WhatsApp sejatinya adalah aplikasi mobile. Akses WhatsApp via situs maupun aplikasi desktop hanya berfungsi sebagai pelengkap atau mirroring.

Baca: WhatsApp Bakal Bisa Kirim File Apa Saja

Pengguna harus tetap mengaktifkan aplikasi WhatsApp di smartphone atau tablet untuk bercakap di WhatsApp Web atau aplikasi desktop, sebagaimana tertera pada blog resmi WhatsApp dan dihimpun KompasTekno, Rabu (11/5/2016).

Silakan buka tautan ini untuk mengunduh aplikasi desktop. Lalu pengguna bisa mengaktifkan akun WhatsApp di desktop dengan memindai kode QR dari aplikasi mobile terlebih dahulu.

Baca: Begini Cara Membuat Huruf di WhatsApp Jadi Bold dan Italic

Selanjutnya, aplikasi desktop akan memproses semua percakapan yang dilakukan pengguna via aplikasi mobile. Sinkronisasi semacam ini juga terjadi antara aplikasi mobile dengan situs WhatsApp.

Baca: Tanda WhatsApp Sudah Aman Dipakai Ngobrol Rahasia

Diketahui, pengguna aktif WhatsApp saat ini mencapai 700 juta. Ketersediaan layanan tersebut di tiga platform diharapkan mampu mendorong adopsi yang lebih besar dan meraup waktu penggunaan lebih lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com