Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Western Digital Caplok SanDisk Rp 253 Triliun

Kompas.com - 11/05/2016, 09:29 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Western Digital (WD) resmi mengakuisisi SanDisk dengan nilai beli 19 miliar dollar AS atau setara Rp 253 triliun. Penggabungan dua produsen memori lintas pasar tersebut dianggap sama-sama menguntungkan.

WD lebih kuat berkiprah di pasar enterprise. Perusahaan berbasis Amerika Serikat tersebut merupakan produsen disk drive terbesar yang bersaing dengan Seagate Technology.

Sementara SanDisk lebih dikenal di ranah konsumen. Pabrikan yang juga berdomisili di AS itu membuat flash disk USB dan chip untuk penyimpanan data di perangkat mobile.

Belakangan, SanDisk juga mulai merambah pasar enterprise dengan merilis hard drive untuk notebook, serta membangun komponen memori OEM untuk Apple dan Nvidia.

Akuisisi WD terhadap SanDisk dinilai bakal memperkokoh posisi keduanya di industri penyimpanan digital, sebagaimana dilaporkan Engadget dan dihimpun KompasTekno, Rabu (11/5/2016).

Terhitung pekan ini, WD berhak atas seluruh aset bisnis SanDisk. CEO SanDisk Sanjay Mehrotra mengindikasikan kelegaannya pasca proses akuisisi yang berlangsung relatif lama tersebut kelar.

"Kami tak sabar untuk berkontribusi bagi kesuksesan Western Digital, sebagaimana perusahaan tersebut telah bertransformasi menjadi pemimpin industri solusi penyimpanan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com