Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Kembalikan Logo Lama Instagram di iOS

Kompas.com - 15/05/2016, 10:46 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber bgr

KOMPAS.com - Sebagian orang beranggapan bahwa logo baru Instagram mengecewakan. Mereka justru ingin kembali memakai logo lama yang masih berdesain skeumorphic (mirip dengan obyek di dunia nyata).

Keinginan tersebut bisa saja terwujud. Tentu saja menggunakan cara alternatif, salah satunya dengan memakai trik buatan desainer user experience (UX) Juan Ramirez.

Baca: Logo Baru Instagram Banyak Disindir

Trik ini hanya berfungsi pada aplikasi Instagram di sistem operasi iOS buatan Apple. Tenang saja, karena Anda tidak perlu melakukan jailbreak demi bisa memakai trik ini, cukup ikuti panduan singkat ini saja.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari BGR, Sabtu (14/5/2016), iOS memiliki fitur untuk menyematkan halaman web sebagai sebuah tombol pemintas. Trik dari Ramirez mengandalkan fitur ini.

Pertama, pengguna sebaiknya menyembunyikan ikon Instagram baru ke dalam sebuah folder. Simpan di folder yang berlapis, sehingga ikon yang tak Anda suka itu benar-benar terkubur dan tak terlihat.

Selanjutnya, klik link ini dan buka menggunakan browser Safari pada iPhone milik Anda. Sentuh tombol Share dan pilih tab bertuliskan “Add to homescreen”.

Baca: Ahli Desain Pun Kecewa dengan Logo Baru Instagram

Setelah itu, Anda akan menemukan ikon lama Instagram di bagian homescreen. Ikon ini berfungsi sebagai pemintas saja. Ketika diklik, maka Anda akan diarahkan ke aplikasi Instagram.

Dengan cara demikian, ikon lama Anda akan kembali dan bisa berfungsi normal. Satu hal yang perlu dicatat, cara ini tidak lantas menghapus ikon baru. Ketika ada notifikasi masuk, maka yang akan ditampilkan tetap ikon milik aplikasi Instagram terbaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber bgr

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com