Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Yogyakarta, 4G LTE XL Kini Pakai 1.800 MHz

Kompas.com - 16/05/2016, 06:59 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna XL Axiata (XL) di Yogyakarta kini bisa menikmati internet 4G LTE memakai ponsel yang mendukung frekuensi 1.800 MHz. Ini merupakan frekuensi yang ideal karena sebagian besar perangkat genggam 4G LTE sudah bisa memakainya.

Kota Gudeg ini sebenarnya sudah lebih dulu mendapatkan 4G LTE, tepatnya pada 2014 lalu. Namun saat itu internet cepat tersebut hanya memakai frekuensi 900 MHz dan tak banyak perangkat genggam yang mengadopsinya.

Peralihan ke frekuensi 1.800 MHz membuat masyarakat setempat bisa menikmati koneksi 4G LTE dengan cara yang lebih mudah. Selain itu, XL juga menjanjikan peningkatan kualitas layanannya di frekuensi ini.

“Yogyakarta adalah salah satu basis industri kreatif di Indonesia, sekaligus sebagai kota budaya dan pendidikan. Koneksi internet yang berkualitas adalah kebutuhan yang urgent untuk mendukung aktivitas masyarakat Yogyakarta,” ujar CEO XL Dian Siswarini melalui keterangan resmi pada KompasTekno, Senin (16/5/2016).

Dia menambahkan, jumlah pelanggan data di Yogyakarta memang tergolong besar sehingga membuat XL tergerak untuk meningkatkan kualitas jaringan di sana.

Kurang lebih ada 200 base transceiver station (BTS) 4G LTE yang ditanam XL di Kota Gudeg itu. Letaknya tersebar di kota Yogyakarta, dan beberapa di sekitarnya. Contohnya di daerah Kotagede, Kaliurang, Sedayu, Pathuk, Mlati, Sewon, dan Gamping.

Seluruh BTS tersebut dipakai untuk menopang pemberian layanan telekomunikasi pada 627 ribu orang pelanggan data. Pengguna XL di Yogyakarta tercatat sekitar 1,9 juta orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com