Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PlayStation 4 Versi Lebih Bertenaga Meluncur September?

Kompas.com - 16/05/2016, 12:34 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Guru3D

KOMPAS.com - Sony ramai dikabarkan tengah mempersiapkan kehadiran konsol game PlayStation 4 (PS4) versi baru yang lebih bertenaga.

Kini, informasi terbaru yang dihimpun KompasTekno dari Guru3D, Senin (16/5/2016) menyebutkan bahwa perangkat tersebut dijadwalkan meluncur pada bulan September mendatang, tepatnya pada ajang Tokyo Game Show.

Nama konsol game ini masih belum diketahui pasti. Ada yang meyebutnya sebagai “PS4 Neo”, sebagian pihak memanggilnya “PS4K” atau “PS4,5”.

Manapun sebutan yang benar, konsol playstation versi baru itu agaknya bakal mengusung pembaruan berupa pengolah grafis (GPU) berbasis chip dari keluarga Polaris besutan AMD.

Chip GPU yang bersangkutan memiliki stream processor sebanyak 2.304 buah atau dua kali lebih banyak dibandingkan GPU pada PS4 versi “reguler” yang tersedia saat ini.

GPU ini tergabung dalam satu rangkaian System-on-Chip (SoC) yang turut berisi CPU Jaguar 8-core, juga dari AMD.

Kecepatan CPU tersebut kabarnya turut didongkrak dari 1,6 GHz pada PS4 menjadi 2,1 GHz pada PS4 Neo.

Walhasil, PS4 Neo bakal lebih kencang dibandingkan PS4 reguler, cukup untuk menjalankan game dalam resolusi 4K/ Ultra-HD dengan mulus. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Guru3D
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com