Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Apple Music Bisa Diam-diam Hapus Lagu di Komputer

Kompas.com - 16/05/2016, 14:12 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com -Dua minggu lalu, seorang pengguna Apple Music bernama James Pinkstone mencak-mencak karena Apple Music. Layanan streaming musik itu dituding telah menghapus koleksi lagu dalam harddisk miliknya secara diam-diam.

Ternyata, sebagaimana KompasTekno dari The Next Web, Senin (16/5/2016), Apple Music ternyata memang mengandung sebuah bug fatal. Cacat program ini mengakibatkan koleksi lagu dalam harddisk bisa terhapus, seperti yang dialami oleh Pinkstone.

Baca: Apple Dituding Hapus 120 GB Lagu dari Komputer Pengguna

“Ada sejumlah kecil pengguna yang melaporkan bahwa data lagu di komputer mereka dihapus tanpa izin. Kami menganggap ini masalah serius karena memahami betapa pentingnya data-data musik tersebut bagi pengguna. Sekarang masalah ini sedang diselidiki,” sebut Apple dalam sebuah pernyataan resmi.

Parahnya, bug yang jelas sangat mengganggu itu ternyata sudah ada sejak awal peluncuran Apple Music, pertengahan tahun lalu. Hanya saja, lantaran hanya segelintir pengguna yang terdampak, masalahnya tak banyak muncul ke permukaan.

Keberadaan bug ini agaknya baru menjadi perhatian Apple setelah Pinkstone menulis soal pengalamannya dalam sebuah publikasi online yang kemudian menyebar luas.

Pinkstone, seorang komposer musik freelance, mengaku kehilangan file lagu sebesar 122 GB akibat ulah Apple Music, termasuk sejumlah karyanya sendiri di samping lagu-lagu koleksi pribadi.

Pinkstone meyakini akar permasalahan bukan terdapat pada komputernya ataupun dirinya sendiri, melainkan pada cara Apple Music melakukan sinkronisasi lagu pada komputer pengguna dengan database musik Apple.

Pihak Apple mengaku masih menyelidiki apa persisnya yang menjadi penyebab bug. Namun, pabrikan gadget ini berjanji akan segera merilis solusi sementara.

“Kami belum menemukan penyebab masalah tersebut. Kendati demikian kami segera merilis pembaruan aplikasi iTunes yang berisi kode pengaman. Pembaruan ini akan dirilis pekan depan,” kata Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com