Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Penstabil Gambar, Kamera Xiaomi Ingin Ungguli GoPro

Kompas.com - 17/05/2016, 10:30 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Xiaomi akhirnya menunjukkan wujud penerus kamera aksi, Yi buatannya. Kamera tersebut dibekali dengan fitur yang lebih canggih, seperti  kemampuan merekam video resolusi 4K (empat kali Full HD) serta image stabilizer (penstabil gambar).

Sementara ini, kamera baru itu disebut dengan Yi 4K Action Camera. Perusahaan gadget asal China itu memakai sensor Sony IMX377 dengan ketajaman 12 megapiksel sebagai piranti perekaman dan pemotretannya.

Sebelumnya, di versi Xiaomi Yi pertama, kamera aksi tersebut hanya mengemas resolusi video setengahnya saja dari Yi 4K, alias 2K (dua kali resolusi Full HD).

Lensa Yi 4K terdiri dari 7 lapisan, memiliki sudut pandang 155 derajat dan bukaan diafragma f/2,8.

Ada juga gyroscope enam sumbu (6-axis) sebagai alat penstabilan, atau dengan kata lain, mencegah gambar terlihat kabur pada hasil rekaman. Fitur ini jadi salah satu kelebihan Xiaomi Yi 4K dibandingkan dengan GoPro yang sama sekali tak memiliki alat penstabil gambar (image stabilizer).

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Android Authority, Selasa (17/5/2016), Yi 4K bisa dipakai untuk merekam dalam resolusi 4K, resolusi lain yang lebih rendah, serta video slow motion.

Pada resolusi 4K, kamera dapat merekam dengan daya tangkap 30 frame per detik. Pengguna juga bisa menurunkan resolusi ke 2,5 K dengan daya tangkap 30 frame per detik atau 1440p pada 60 frame per detik.

Sedangkan saat mengambil video slow motion, resolusi serta daya tangkap bisa diatur menjadi 1080p pada 120 frame per detik, 960p pada 120 frame per detik, atau 720p pada 240 frame per detik.

Fitur lain yang menarik adalah keberadaan dukungan WiFi dual band, yaitu memakai frekuensi 2,4 GHz atau 5 GHz, slot kartu MicroSD, serta Bluetooth 4.0 sebagai penghubung antara kamera dengan ponsel.

Di bagian belakan Xiaomi Yi 4K terdapat layar sentuh LCD berukuran 2,19 inci yang terlindung lapisan anti gores, Gorilla Glass. Baterai kamera ini memiliki kapasitas 1.400 mAh, dijanjikan bisa dipakai merekam video 4K selama dua jam.

Xiaomi akan merilisnya di China dengan harga 1.199 Yuan atau setara Rp 2,4 juta dalam waktu dekat. Belum diketahui kapan Xiaomi akan merilisnya di negara lain, seperti Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com