Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkominfo Siap "Nikahkan" Operator Seluler

Kompas.com - 18/05/2016, 15:19 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kembali menekankan rencananya untuk mendorong konsolidasi antar-operator
 
"Saya pakai baju begini (jas dan peci) mirip yang mengawin-ngawinkan itu, mirip penghulu. Ya, mudah-mudahan saya juga bisa jadi 'penghulu' kalau ada operator yang ingin konsolidasi," ujarnya seraya bercanda di acara Indonesia LTE Conference 2016, Rabu (18/5/2016) di Jakarta.
 
Pernyataan Rudiantara itu disambut oleh tepuk tangan dan tawa oleh peserta konferensi yang di antaranya adalah bos-bos perusahaan telekomunikasi di Indonesia, seperti CEO XL Axiata, Dian Siswarini; CEO Smartfren, Merza Fachys; Vice President Director Hutchison Tri Indonesia (Tri), Danny Buldansyah; CTO Indosat, John Martin Thompson; serta Vice President Technology and System Telkomsel, Ivan Permana.
 
Meskipun seolah melontarkan canda, Rudiantara memang memiliki wacana agar konsolidasi antar-operator ini terwujud.
 
Seperti diketahui, Indonesia memiliki total enam operator telekomunikasi seluler. Mereka adalah Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Hutchison Tri, Telkom, dan Smartfren.
 
Sementara itu, Esia yang sudah tidak memberikan layanan telekomunikasi juga bekerja sama dengan Smartfren dalam hal pengelolaan serta pemanfaatan frekuensi yang sebelumnya dipakai untuk memberikan layanan CDMA.

Salah satu alasan perlunya konsolidasi adalah agar tiap-tiap operator berhenti perang harga dan memerhatikan peningkatan kualitas layanan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com