Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Fitur Ponsel yang Kini Menghilang

Kompas.com - 27/05/2016, 20:13 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechRadar

KOMPAS.com - Ponsel flip yang bisa dibuka tutup? Perangkat penunjuk trackball yang bisa berputar-putar? Ah, kemana perginya mereka? Fitur-fitur ponsel ini sekarang menghilang bak ditelan bumi.

Tapi bukan itu saja yang lenyap. Para pabrikan ponsel yang senang bereksperimen juga pernah membenamkan berbagai fitur lain di produk andalan masing-masing.

Sebagian terus terpakai hingga sekarang, sebagian lainnya lenyap karena “seleksi alam” di pasaran ponsel dunia.

Sekadar bernostalgia, dari TechRadar, Rabu (25/5/2016), KompasTekno merangkum delapan fitur ponsel jadul yang dulu pernah familiar, tapi kini sudah jarang muncul (atau tidak ada sama sekali). Berikut selengkapnya.

1. Flip Phone

Motorola Ponsel flip pertama, Motorola StarTac
Motorola StarTac yang dirilis pada awal 1996 adalah salah satu ponsel terkeren pada masanya. Perangkat inilah yang pertama kali memperkenalkan konsep flip phone (clamshell) dengan layar dan keypad yang terhubung dengan engsel serta bisa dibuka-tutup.

Apa boleh buat, meski sempat beken hingga tahun-tahun awal abad ke-21, popularitas flip phone kemudian tergeser oleh faktor bentuk candybar QWERTY, kemudian touchscreen di era smartphone.

Baru-baru ini, Motorola, sang pembuat StarTac, merilis sebuah video teaser ponsel baru yang mengajak pemirsa bernostalgia dengan flip phone Mungkinkah hal tersebut merupakan pertanda kebangkitan kembali ponsel lipat?

2. Radio FM


Gadgetoid.com Ilustrasi radio FM
Fitur yang satu ini sudah lama hadir di feature phone, tapi rupanya kurang diminati oleh pengguna sehingga perlahan mulai menghilang dari daftar feature ponsel modern.

Apple tak pernah menyematkan Radio FM di seri ponsel iPhone besutannya. Samsung pun berhenti menyediakan fitur tersebut di lini Galaxy S sejak Galaxy S3 tahun 2012.Meski demikian, masih ada sejumlah model handset penting yang menyediakan FM Radio, misalnya Sony Xperia Z5 dan Huawei Mate 8.

Ponsel-ponsel pun banyak yang menyimpan radio, tapi di non-aktifkan. contohnya adalah Galaxy S7 di wilayah Amerika Serikat yang beberapa waktu lalu tiba-tiba memunculkan fitur tersebut setelah mendapat update software.

Halaman:
Baca tentang
Sumber TechRadar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com