Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peta Uber Andalkan Data Milik Foursquare

Kompas.com - 28/05/2016, 16:25 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Uber ingin memudahkan pengguna saat memesan transportasi via aplikasinya. Pengguna tak perlu lagi kesal karena lokasi tujuan tak terekam pada sistem peta Uber.

Layanan ride sharing tersebut baru saja menandatangani kesepakatan dengan Foursquare, sebagaimana dilaporkan TheNextWeb dan dihimpun KompasTekno, Jumat (27/5/2016).

Diketahui, Foursquare merupakan media sosial berbasis peta, di mana penggunanya berkontribusi membuat konten dengan mencantumkan lokasi keberadaan.

Karena banyaknya kontributor, lokasi yang terekam pada Foursquare bisa dibilang kaya. Untuk itu, dengan memakai data Foursquare, peta Uber diharapkan lebih cerdas dan banyak tahu.

Sebelumnya, peta Uber memang bisa diandalkan saat pengguna hendak bepergian ke tempat umum, area bisnis, maupun pusat kota.

Hanya saja, waktu pengguna kerap tersita saat mencantumkan lokasi jemput (pick-up) dan destinasi akhir (drop-off) yang terpencil. Hal simpel seperti ini bisa membuat energi terbuang percuma.

"Foursquare membantu Uber dalam hal peta lokasi agar pengalaman pengguna bisa lebih baik," kata juru bicara Foursquare.

Grab yang merupakan kompetitor Uber sudah lebih dulu mengakses data lokasi dari Foursquare. Tepatnya, Grab mengakomodir opsi yang lebih beragam. Tak cuma dari Foursquare, namun juga Google Maps dan peta orisinil Grab. Pengguna bisa memilih sendiri referensi sesuai kebutuhan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com