Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 7 Mulai Tinggalkan "Tradisi" Lama

Kompas.com - 31/05/2016, 10:08 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Mobipicker

KOMPAS.com - Apple dikabarkan akan berhenti membuat iPhone dengan kapasitas  penyimpanan internal 16 GB mulai tahun ini. Strategi tersebut akan diterapkan pertama kali untuk iPhone 7 yang akan dirilis akhir tahun ini.

Sebagai gantinya, penyimpanan internal minimal 32 GB akan dijadikan sebagai "tradisi" baru semua jenis iPhone di masa mendatang, selain juga memori RAM sebesar 2 GB.

Dikutip KompasTekno dari Mobipicker, Selasa (31/5/2016), Director of Market Research firma IHS Technology di China, Kevin Wang mengatakan keputusan tersebut berdasar pada riset rantai pasokan komponen Apple.

"Riset pasokan komponen menunjukkan bahwa iPhone baru ke depannya akan memiliki RAM 2 GB dan ROM 32 GB," demikian tulis Wang di akun Weibo miliknya.

Kevin selama ini dikenal selalu memberikan informasi-informasi aktual dan seringkali tebakannya tepat. Karena itu, kabar terbaru mengenai iPhone 7 memori internal 32 GB ini juga dianggap memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

Apple sendiri selama ini memang selalu dikritik fans-nya karena tidak menawarkan iPhone dengan kapasitas penyimpanan 32 GB. Pilihan yang selalu ditawarkan Apple adalah hanyalah 16 GB dan 64 GB.

Penyimpanan 16 GB disebut oleh pelaku industri sudah ketinggalan zaman, sebab dianggap sudah tidak mencukupi kebutuhan minimum lagi, terlebih dengan adanya kemampuan perekaman video 4K.

Apple sendiri telah melakukan peningkatan di sisi memori RAM, dari sebelumnya minimum 1 GB menjadi 2 GB dalam generasi iPhone terkini yang sudah ada di pasaran, yakni iPhone 6s.

Kini, tinggal menunggu waktu saja Apple membuat penyimpanan 32 GB menjadi fitur standar minimum dalam iPhone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com