Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Zenbook 3 Lebih Ringan dan Tipis dari MacBook Air

Kompas.com - 31/05/2016, 11:16 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Selain merilis gadget ponsel Android terbaru, Zenfone 3, Asus di ajang Computex 2016 juga memperkenalkan laptop ringan penantang MacBook Air. Laptop tersebut dinamai Zenbook 3 dengan tubuh yang lebih ramping dan langsing ketimbang laptop tertipis Apple.

Dengan dimensi tebal 1,32 cm dan berat kurang dari 1 kilogram, yakni 0,92 kg, Zenbook 3 mengalahkan MacBook Air 13 inci yang memiliki dimensi tebal 1,7 cm dan bobot 1,35 kilogram.

Hanya saja, layar MacBook Air sedikit lebih lebar dibanding Zenbook 3, yakni 12,8 inci berbanding 12,5 inci.

Sementara dari segi spesifikasi, Zenbook 3 juga lebih unggul di atas kertas dibandingkan dengan MacBook, dengan konfigurasi prosesor Intel Core 17, RAM 16 GB, dan penyimpanan internal SSD 1 TB.

Layarnya dilapisi dengan Gorilla Glass 4 yang tahan gores dan Asus mempu merampingkan bingkainya sehingga layarnya memenuhi 82 persen muka laptop.

Terdapat konektor Thunderbolt 3/USB-C untuk keperluan isi ulang daya dan baterainya diklaim mampu bertahan selama sembilan jam.

Untuk sistem pendinginan, Asus mengklaim kipas pendingin di dalam Zenbook 3 adalah yang tertipis di dunia.

Dikutip KompasTekno dari Engadget, Selasa (31/5/2016), Asus menggunakan bahan logam titanium untuk rangka Zenbook 3 yang diklaim 40 persen lebih kuat dibanidng laptop-laptop biasa.

Zenbook 3 memiliki fitur pemindai sidik jari untuk menambah keamanan dan laptop ultra ringan ini tersedia dalam pilihan warna Quartz Grey, Royal Blue, dan Rose Gold.

Zenbook 3 memiliki banyak varian spesifikasi, untuk variaon prosesor Core i5, RAM 4 GB dan SSD 256 GB, Asus membanderolnya dengan harga 999 dollar AS (sekitar Rp 13,6 juta).

Spesifikasi yang sama dengan penyimpanan lebih besar, yakni SSD 512 GB dibanderol dengan harga 1.499 dollar AS (sekitar Rp 20,5 juta).

Untuk versi paling tinggi, yakni prosesor Core i7, RAM 16 GB, SSD 1 TB, harganya mencapai 1.999 dollar AS (sekitar Rp 27 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com