Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambisi Dell Rajai Pasar Laptop "2-in-1"

Kompas.com - 01/06/2016, 13:11 WIB
Deliusno

Penulis

TAIPEI, KOMPAS.com - Oleh para pengamat dan analis, pasar PC dunia saat ini dikatakan sedang stagnan, bahkan cenderung mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Hal itu pun disadari oleh raksasa komputer asal Amerika Serikat, Dell. Menyikapi tantangan tersebut, Dell mengaku tidak terlalu khawatir. Pihaknya menyatakan telah menyiapkan beberapa strategi untuk tetap bertahan di bisnis ini. Salah satunya dengan membanjiri pasar dengan laptop hybrid 2-in-1, laptop yang sekaligus bisa menjadi tablet PC.

Vice President Dell Consumer Product Marketing Ray Wah mengungkap sejumlah data yang dikutipnya dari International Data Corporation. Ia menjelaskan, di periode kuartal pertama tahun 2016, penjualan PC global mengalami penurunan sebesar 11 persen dibandingkan tahun lalu.

Uniknya, pasar laptop 2-in-1 malah tumbuh pesat, yakni 26 persen. Artinya, perangkat laptop yang juga bisa difungsikan sebagai tablet itu memang sedang naik daun.

"Saat ini, mulai banyak orang yang menyadari bahwa laptop 2-in-1 menawarkan banyak fungsi," tutur Ray kepada sejumlah media asal Indonesia, termasuk reporter KompasTekno, Deliusno, di Taipei, Taiwan, Selasa (31/5/2016).

Deliusno/KOMPAS.com Dell Inspiron 17 7000 2-in-1 dalam mode tablet.
Dell pun sangat serius menggarap pasar laptop 2-in-1 ini. Hal itu terungkap dari pernyataan Ray yang mengatakan Dell ingin menjadi raja di segmen tersebut.

"Kami senang merilis laptop 2-in-1 ukuran layar 17 inci pertama dunia. Kami juga merilis 5 laptop 2-in-1 lain. Laptop 2-in-1 akan menjadi kategori yang akan kami menangkan," tegas Ray.

Dalam sebuah acara di Taipei, Taiwan, Dell merilis berbagai produk laptop 2-in-1 baru. Perangkat yang paling menarik perhatian adalah Inspiron 17 7000 2-in-1. Perangkat ini memiliki layar berukuran 17 inci dengan resolusi Full HD.

Selain itu, Inspiron 7000 juga bakal hadir dalam bentang layar 13 inci dan 15 inci. Laptop ini merupakan seri paling high-end yang dimiliki Dell di kategori 2-in-1.

Seri lainnya, yang mengisi segmen kelas entry dan menengah adalah Inspiron 3000 (11,6 inci) dan Inspiron 5000 (13 dan 15 inci). Semua model tersebut akan masuk ke Indonesia dalam waktu dekat. Hanya saja, belum diketahui varian ukuran layar mana saja yang akan dihadirkan oleh Dell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com