Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMD Pamerkan Prosesor Masa Depan "Zen"

Kompas.com - 01/06/2016, 17:11 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Di penghujung acara pengumuman Radeon RX 480 dan APU generasi ke-7 di Taipei, Taiwan, Rabu (1/6/2016), AMD turut memperkenalkan arsitektur prosesor masa depannya yang berjulukan “Zen”.

Presiden dan CEO AMD Lisa Su memamerkan unit enginering sample dari Summit Ridge (prosesor desktop berbasis arsitektur Zen)  dalam penampilan perdana Zen di hadapan publik.

“Produk ini (Summit Ridge) memiliki 8 core dan 16 thread, serta dibangun dengan teknologi FinFET,” uajr Su seraya menunjukkan prosesor tersebut dalam genggaman jarinya.

Su mengklaim bahwa Zen memiliki performa 40 persen lebih tinggi dari produk terdahulu, Excavator, dalam hal kinerja Instructions Per Clock (IPC).

Dia juga menerangkan bahwa Zen yang akan pertama kali hadir dalam bentuk prosesor desktop Summit Ridge bakal menggunakan kemasan socket AM4 untuk pengguna enthusiast.

AMD Produk prosesor berbasis Zen akan mengisi segmen-segmen pasar berbeda, yakni desktop, notebook, server, dan embedded devices

Meski dijadwalkan hadir perdana untuk PC, Zen tidak akan terpaku pada satu jenis produk ataupun satu jenis segmen saja karena AMD berencana turut memperluas cakupan Zen ke kategori lain seperti server, notebook, hingga embedded devices.

“Kami juga akan memasangkan Zen dengan grafis next-gen di APU berikutnya. Setelah Bristol Ridge, Anda akan melihat APU dengan Zen dan GPU berikutnya dari kami,” tambah Su.

Tanggal pasti untuk kemunculan Zen masih belum dipastikan. Su hanya mengatakan bahwa AMD akan mulai mengirim unit contoh ke sejumlah rekanan terpilih dalam beberapa minggu ke depan, sementara samping dengan skala lebih besar baru akan dilakukan pada kuartal ketiga tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com