Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Perkenalkan "SSD" 512 GB Seberat 1 Gram

Kompas.com - 02/06/2016, 12:26 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Media penyimpanan Solid-State Drive (SSD) dari Samsung ini ukurannya cuma sebesar uang logam, beratnya pun hanya 1 gram. Tapi ruang penyimpanan yang disediakan seolah berbanding terbalik dengan dimensi fisiknya, yakni mencapai 512 GB.

Pihak Samsung awal minggu ini mengumumkan bahwa produksi SSD bernama lengkap MP971-NVMe series tersebut telah dimulai, sebagaimanan dirangkum KompasTekno dari Windows Central, Kamis (2/6/2016).

Tak cuma berukuran mungil, dengan kinerja baca dan tulis masing-masing mencapai 1.500 Megabyte per detik (MBps) dan 900 MBps, Senior Vice President divisi storage Samsung, Jung-bae Lee, mengklaim bahwa MP971-NVMe memiliki kinerja tiga kali lebih tinggi dibandingkan SSD SATA biasa.

“Perkenalan SSD berukuran kecil ini bakal membantu pabrikan PC global dalam membuat perangkat komputer yang lebih langsing dan bergaya, sekaligus memberikan lingkungan komputasi yang lebih memuaskan buat konsumen,” ujar Lee.

Meski bentuknya mirip sebuah chip memori biasa, MP971-NVMe memiliki semua komponen SSD, termasuk flash memory NAND, DRAM LPDDR4, dan sebuah controller.

Sang SSD mungil rencananya bakal mulai tersedia dalam pilihan kapasitas 128 GB, 256 GB, dan 512 Gb mulai bulan juni mendatang, tapi informasi harganya belum diungkapkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com