Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Berbentuk Aneh yang Mengubah Dunia

Kompas.com - 07/06/2016, 03:13 WIB

KOMPAS.com - Setiap mengambil foto, tentu akan terbantu apabila Anda punya gambaran tentang hal yang akan tertangkap oleh kamera.

Sekarang kita merasa itu hal yang biasa saja. Namun fotografer zaman dulu harus menduga-duga, karena mereka tak bisa melihat langsung lewat lensa bagaimana rupa foto yang sedang mereka ambil.

Ada beberapa kamera di akhir abad ke-19 yang memecahkan persoalan ini dengan menggunakan cermin berayun yang memantulkan gambar dari lensa ke juru foto yang mengintip dari atas kamera.

Namun itu masih sangat permulaan. Cermin kerap harus dipasang terpisah menggunakan sehelai benang sebelum kamera dapat dipakai.

Kameranya sendiri teramat besar dan ketika ukuran kamera mulai menyusut serta lebih mudah dibawa, maka kebutuhan untuk 'lensa pengintip' justru menjadi lebih mendesak.

Sport dengan prisma

Siim Vahur Walau tidak terkenal, tapi ide Sport sangat orisinal.

Baru pada tahun 1930-an persoalan ini dipecahkan. Hampir 80 tahun lalu sebuah kamera tak terkenal muncul di Uni Soviet yang menyertakan sebuah penemuan yang sederhana tapi teramat orisinal.

Kamera kotak bertampang buruk bernama Sport ini muncul pertama kali tahun 1937 dibuat oleh GOMZ di kota Leningrad (sekarang namanya St Petersburg).

Intisari penemuan pada Sport adalah sebuah kotak berbentuk prisma yang diletakkan di dalam badan kamera. Kotak itu memuat cermin yang memantulkan gambar yang ditangkap oleh lensa dengan bentuk terbalik.

Inilah kamera pertama yang punya prisma seperti itu -sebuah kamera 'single lens reflex' -atau dikenal dengan singkatan SLR- yang belakangan berkembang menjadi 'pentraprisma' yang bisa ditemukan pada kamera modern yang bisa memantulkan cahaya keluar lewat jendela bidik.

GOMZ Petunjuk penggunaan kamera Sport.

"Menurut pendapat saya, Sport merupakan capaian revolusioner di Uni Soviet dan dunia industri fotografi serta dan menjadi batu loncatan kepada kamera 35mm SLR," kata Vladislav Kern yang mengelola situs sejarah fotografi USSRPhoto.com, sebagaimana KompasTekno ambil dari BBC Indonesia, Selasa (7/6/2016).

Namun mengapa Sport tidak dipuji sekarang ini?

Sport menjadi catatan kaki dalam sejarah fotografi, kalah dari keberhasilan Kine Exakta, kamera yang sangat dihormati sampai dipakai oleh James Stewart dalam film klasik Alfred Hitchcock, Rear Window.

Michael Pritchard, Direktur Jendral Royal Photographic Society mengatakan, "Secara teknis, Sport sangat berpengaruh, tapi tak pernah dijual banyak di luar Uni Soviet.

"The Kine Exakta lebih berpengaruh karena dipasarkan di luar Jerman, diekspor secara meluas, dan dipandang sebagai karena yang melakukan terobosan penting pada masanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com