Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Opera Terbaru Bisa Menghemat Baterai Laptop

Kompas.com - 10/06/2016, 16:46 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Konsumsi konten di internet via browser kerap bisa menguras baterai laptop dan meningkatkan suhu perangkat tersebut. Dua masalah itu coba diatasi oleh peramban Opera versi 38 yang baru saja dirilis

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (9/6/2016), Opera menyematkan fitur battery saver dalam update anyar tersebut.

Berbekal fitur battery saver dan pemblokir iklan yang sudah dibenamkan sebelumnya, Opera mengklaim perambannya bisa memperpanjang masa pakai laptop hingga 50 persen lebih lama dibandingkan browser Chrome saat dipakai menjelajah internet.

Selain lebih hemat baterai, temperatur baterai laptop juga diklaim bakal turun hingga 3 persen lebih dingin sehingga turut membikin suhu komputer jadi lebih sejuk.

Bagaimana cara opera menghemat pemakaian baterai? Menurut penjelasan di situs Opera, hal ini dilakukan dengan beberapa langkah, di antaranya mengurangi aktivitas di background tab, menghentikan plug-in yang sedang tidak aktif dan mengurangi konten  video menjadi 30 frame per detik.

Demonstrasi dari klaim tersebut dapat disimak dalam tayangan video di bawah. Opera versi 38 bisa diunduh melalui tautan berikut. Fitur battery saver dapat diaktifkan dengan mengklik ikon baterai di pojok kanan atas tampilan jendela browser.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com