Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo dan Smartfren Rilis Ponsel VR Murah, Vibe K5 Plus

Kompas.com - 15/06/2016, 08:45 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lenovo menggandeng operator seluler Smartfren meluncurkan ponsel Android Vibe K5 Plus di Indonesia. Ponsel ini memiliki fitur mode virtual reality (VR), teknologi voice over LTE (VoLTE) dengan banderol harga yang tergolong murah.

Soal VR, Country Lead Lenovo Mobile Business Group Indonesia, Adrie R. Suhadi mengatakan bahwa ponsel tersebut dibekali dengan fitur Theatre Max yang bisa mengubah multimedia apa pun menjadi VR.

“Cukup tahan tombol power dan pilih perintah khusus yang muncul di sana,” terang Adrie saat ditemui di acara peluncuran di Jakarta, Selasa (14/6/2016) sore.

Selanjutnya, pengguna cukup memasukkan ponsel tersebut ke dalam headset Ant VR keluaran Lenovo yang jadi pasangannya. Theatre Max mengubah video biasa menjadi split video untuk menyesuaikan dengan mode VR di headset tersebut.

Selain fitur VR, ponsel Lenovo Vibe K5 Plus ini termasuk ponsel open market yang secara native mendukung fitur VoLTE Smartfren. Fitur panggilan suara melalui jaringan internet 4G LTE tersebut diklaim berbeda dengan panggilan telepon biasa.

“Ponsel ini istimewa karena selain VR, juga bisa dipakai untuk VoLTE di jaringan Smartfren. Tidak perlu aplikasi tambahan lagi,” ujar Adrie.

Fitur VoLTE ini bisa diakses langsung dari menu panggilan telepon. Pengguna pun bisa dengan mudah mengubahnya menjadi panggilan video.

Spesifikasi

Mengenai spesifikasi, Lenovo Vibe K5 Plus dibekali dengan layar 5 inci beresolusi full HD, audio Dolby Atmos dan dukungan dua slot kartu SIM.

Dapur pacunya berupa chipset Qualcomm Snapdragon 615 octa core 1,5 GHz, RAM 2 GB, otak pemrosesan grafis Adreno 405, memori internal 16 GB yang bisa diekspansi dengan kartu microSD eksternal hingga 32 GB.

Lenovo Vibe K5 Plus menjalankan sistem operasi Android 5.1 Lollipop. Ponsel berbodi alumunium ini memiliki kamera utama bereosolusi 13 megapiksel dengan dukungan LED Flash dan phase detection auto focus. Kamera depannya memiliki resolusi 5 megapiksel.

Bundling dengan Smartfren

Lenovo membundel ponsel ini dengan kartu SIM Smartfren yang sudah mendukung 4G LTE dan VoLTE.

Penggunanya pun mendapatkan keuntungan berupa paket data 16 GB (2 GB kuota utama, 2 GB bonus, 12 GB kuota malam), 1.000 menit panggilan telepon ke sesama Smartfren, 10 menit pangilan ke operator lain, dan 1.000 SMS ke semua operator dengan harga Rp 50.000 per bulan.

Rencananya, Lenovo Vibe K5 Plus akan mulai dijual secara offline dan online pada 16 Juni mendatang dengan banderol harga Rp 2,249 juta. Penjualan online dilakukan melalui situs Blibli, Erafone, Bhinneka, Dinomarket, Lazada serta Mataharimall.

Headset Ant VR ditawarkan sebagai produk yang mesti dibeli terpisah. Namun khusus penjualan online pada tanggal 16 Juni, selama satu hari, headset Ant VR diberikan secara cuma-cuma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com