Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrikan Ponsel Asia Rajai Pasar Global

Kompas.com - 15/06/2016, 14:19 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Apple adalah salah satu pabrikan top dunia dalam hal penjualan smartphone. Namun, perusahaan berlambang buah apel tergigit ini adalah satu-satunya pabrikan smartphone besar yang berasal dari Amerika Serikat. Lainnya berasal dari wilayah Asia.

Laporan Gartner dan IC Insights yang dirangkum KompasTekno dari Forbes, Rabu (15/6/2016) menyebutkan bahwa, dari 12  pabrikan smartphone terbesar di dunia pada kuartal-I 2016, 11 di antaranya berasal dari Asia.

Urutan pertama dipegang oleh vendor Korea Selatan, Samsung yang berhasil menjual 81,1 juta unit smartphone sepanjang tiga bulan pertama (triwulan) tahun ini, dari jumlah global sebanyak 349 juta.

Apple masuk di urutan kedua dengan angka penjualan 60 juta unit. Empat urutan berikutnya berturut-turut diduduki oleh vendor asal China, yakni Huawei, Xiaomi dan Vivo.

Nama-nama lain yang bisa ditemukan dalam daftar produsen smartphone top dunia adalah ZTE, Lenovo, TZL, dan Meizu, juga dari China.

Para vendor Negeri Tirai Bambu itu menempati 8 dari 12 posisi pabrikan smartphone terbesar di dunia. Secara kolektif, jumlah smartphone yang berhasil dijual oleh vendor China mencapai 111 juta unit pada kuartal pertama 2016 lalu.

Data ini menggarsibawahi pertumbuhan yang dialami para pabrikan China dalam beberapa tahun terakhir. Produk-produk mereka kini tak hanya meraja di pasaran dalam negeri saja, namun juga berhasil menarik konsumen global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com