Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Siapkan Ponsel 4G Murah untuk Lebaran

Kompas.com - 20/06/2016, 15:08 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Lebaran, Lenovo akan merilis ponsel seri baru, Vibe C. Ponsel tersebut dibekali dengan koneksi 4G LTE, layar berukuran besar dan banderol harga trejangkau.

Ini merupakan Lenovo seri C perdana di Indonesia dan dirancang untuk pengguna di segmen menengah ke bawah. Ponsel ini dirakit secara lokal oleh rekan manufaktur Lenovo di Tanah Air.

“Perbedaan paling mencolok antara seri ini dengan A2010 yang lebih dulu meluncur adalah soal ukuran layar. Vibe C lebih besar karena 5 inci,” terang 4P Manager MBG Lenovo Indonesia, Anvid Erdian saat dalam acara Sneak Preview Lenovo Vibe C, di Jakarta, Senin (20/6/2016).

“Kami ingin mendapatkan lebih banyak konsumen di segmen 4G LTE. Harga ponsel ini kami banderol murah supaya makin banyak orang yang coba memakai 4G LTE,” imbuhnya.

Produsen ponsel asal China itu membanderol Vibe C dengan harga Rp 1,3 juta. Sedangkan spesifikasinya antara lain, dapur pacu berupa chipset Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210, RAM 1 GB, serta memori internal 16 GB.

Pengguna juga bisa memperluas penyimpanan dengan menambahkan memori internal hingga 32 GB. Spesifikasi lainnya adalah kamera utama 5 megapiksel, kamera depan 2 megapiksel, baterai 2.300 mAh, sistem operasi Android 5.1 Lollipop serta fitur dual SIM.

Soal 4G LTE, Lenovo Vibe C ini sudah bisa mendukung koneksi dari seluruh operator Indonesia. Termasuk band 40 atau 2.300 Mhz yang dipakai oleh Smartfren.

“Smartfren sudah juga bisa dipakai, karena ini mendukung band 40. VoLTE saja yang belum bisa. Kalau secara chipset, memang Qualcomm MSM8909 ini sudah mendukung VoLTE, cuma belum dinyalakan saja,” pungkas Anvid.

Lenovo Vibe C rencananya akan mulai dijual melalui situs belanja online Lazada pada 21 Juni mendatang dengan harga Rp 1,3 juta.

Mengapa dinamai Vibe C?

Vibe C bukan ponsel 4G LTE murah yang pertama bagi Lenovo. Sebelumnya, bersamaan dengan pengumuman kerjasama manufaktur lokal di Indonesia, perusahaan asal China ini juga merilis dua ponsel murah, yaitu A6010 dan A2010.

Kedua seri berawalan huruf A ini sebenarnya merupakan pendahulu seri 4G LTE murah buatan Lenovo. Seri A2010 dibanderol lebih kurang Rp 1,2 juta, sedangkan A6010 dibanderol Rp 2,1 juta.

Namun ketika menunjukkan ponsel seri murah berikutnya, pada Senin ini, Lenovo telah mengubah penamaannya. Mereka tidak lagi melanjutkan penamaan kombinasi huruf A dan angka. Ponsel barunya justru disebut sebagai Vibe C.

Soal perubahan nama ini, menurut Anvid, disebabkan banyak konsumen dan distributor yang kesulitan mengingat model penamaan terdahulu. Karena itu digantilah dengan yang lebih sederhana.

“Ini pertama kalinya kami meluncurkan seri Vibe C di Indonesia. Sebelumnya memang ada seri A2010 dan A6010, tapi penamaan model penamaan kombinasi angka dan huruf ini kami ubah menjadi Vibe C saja,” terang Anvid.

“Banyak pelanggan dan distributor yang sulit mengingatnya, suka selip lidah saat menyebut nama A2010 atau A6010. Kalau sekarang (Vibe C) kan jadi lebih sederhana dan mudah diingat,” imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com