Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

72 Emoji Baru Dirilis, Dari Badut Hingga Gorila

Kompas.com - 22/06/2016, 16:43 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Setelah melewati diskusi panjang, paket emoji Unicode 9.0 resmi diluncurkan. Paket tersebut berisi 72 emoji baru yang terbagi dalam beberapa kategori.

Tiap kategori mematrikan beragam ekspresi dan objek yang diharapkan mampu mendukung komunikasi maya. Ada emoji yang merupakan perbaikan dari versi semula, ada pula yang benar-benar baru.

Dilansir KompasTekno, Rabu (22/6/2016) dari blog resmi Unicode, beberapa emoji yang benar-benar baru antara lain alpukat, gorila, kelelawar, dan bunga layu.

Secara rinci, ada empat emoji transportasi, tujuh emoji wajah, tujuh emoji orang, tujuh emoji gerak tubuh, 12 emoji bernuansa atlit, 13 emoji hewan, serta 18 emoji makanan dan minuman.

Beberapa karakter emoji pada Unicode 9 juga membawa dukungan karakter bagi bahasa-bahasa yang kurang populer. Hal tersebut dimaksudkan agar emoji semakin mewakili beragam kebudayaan.
 
Bahasa-bahasa itu antara lain Osage yang merupakan bahasa bagi orang Amerika asli, Fulani yang merupakan bahasa Afrika, serta Tangut yang merupakan bahasa kuno bangsa China.

Meski telah diresmikan pada pertengahan 2016 ini, netizen tak bakal serta-merta melihat paket emoji baru tersebut di gadget masing-masing.

Pasalnya semua mesti menunggu pemilik sistem operasi, seperti Apple iOS atau Google Android, untuk memasukkan emoji tersebut ke pembaruan sistem operasi. Setelah langkah tersebut selesai dilakukan, barulah pengguna bisa mulai memakai emoji terbaru melalui ponsel dan tablet mereka.

Untuk emoji selengkapnya, bisa dilihat di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com