Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Video Call" BBM Tiba bagi Pengguna di Asia

Kompas.com - 23/06/2016, 16:06 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Fitur panggilan video alias video call akhirnya meluncur untuk semua pengguna BBM di wilayah Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Fitur ini lebih dulu hadir di wilayah Eropa dan Amerika Serikat.

BlackBerry punya alasan khusus menjadikan Asia Pasifik sebagai wilayah terakhir yang bisa menikmati video call via BBM. Padahal, Asia Pasifik merupakan wilayah basis pengguna BBM terbesar.

"Kami ingin memastikan fitur tersebut sudah bebas dari segala masalah ketika hadir di Asia Pasifik," begitu tertera pada blog resmi BlackBerry, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (23/6/2016).

Penyematan fitur ini dilakukan secara over the air atau otomatis. Artinya, pengguna tak perlu memperbarui layanannya untuk menikmati kemampuan video call.

Sama seperti video call pada Line atau Skype, pengguna BBM bisa mengobrol sambil melihat wajah sang lawan bicara di layar smartphone secara real-time. Panggilan semacam ini tak menghabiskan pulsa secara langsung, namun memakan data internet.

Untuk menjajal video call, pengguna BBM harus menggunakan perangkat dengan sistem operasi Android KitKat 4.4 ke atas atau iOS 8 ke atas.

Setelahnya, pengguna cukup membuka BBM dan memulai sesi chatting seperti biasa. Ikon video akan muncul di sisi kanan atas layar ponsel.

Bersamaan dengan itu, pengguna juga bisa melihat ikon telepon untuk melakukan panggilan suara. Jika sudah menetapkan pilihan untuk panggilan video, cukup tekan ikon video.

Menurut blog BlackBerry, fitur ini diterima dengan antusiasme tinggi dari masyarakat. "Ini adalah fitur yang paling banyak diminta," kata juru bicara sang perusahaan Waterloo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com