Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Tuding Meizu Jiplak Teknologi

Kompas.com - 28/06/2016, 08:52 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Tuduhan jiplak-menjiplak sering dilontarkan di industri teknologi. Dalam salah satu kasus terbaru, Qualcomm menuding Meizu telah memakai teknologi yang dipatenkannya tanpa membayar kompensasi.

Seerti dirangkum KompasTekno dari The Wall Street Journal, Selasa (28/6/2016), Qualcomm mengajukan gugatan hukum terhadap Meizu pada Kamis lalu di pengadilan Beijing, China.

Properti intelektual Qualcomm yang diklaim telah dipakai oleh Meizu meliputi standar komunikasi 3G dan 4G.

Pihak Qualcomm mengatakan telah melakukan upaya negosiasi dengan Meizu untuk menjalin perjanjian lisensi untuk teknologi terkait, namun vendor ponsel China itu menolak.

“Tindakan Meizu memakai (teknologi) Qualcomm tanpa lisensi bukan hanya melanggar hukum, tapi juga tidak adil terhadap pembayar lisensi lainnya yang berniat baik dan menghormati hak paten,” ujar Executive Vice President dan konsultan hukum Qualcomm, Don Rosenberg, dalam sebuah pernyataan.

Sebelum ditolak oleh Meizu, Qualcomm selama ini telah menjalin perjanjian lisensi paten teknologi dengan sejumlah vendor gadget asal Negeri Tirai Bambu, termasuk Huawei dan Xiaomi.

Meizu adalah salah satu pabrikan smartphone besar di China yang didukung oleh raksasa e-commerce Alibaba. Tahun lalu, Alibaba menanam modal sebesar 590 juta dollar as di Meizu tanpa mengungkapkan jumlah sahamnya di perusahaan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com