Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Direndam dan Dibekukan, MicroSD SanDisk Tetap Bisa Dipakai

Kompas.com - 29/06/2016, 18:56 WIB
Bayu Galih

Penulis

SHANGHAI, KOMPAS.com - SanDisk baru saja memperkenalkan kartu penyimpanan Extreme microSDXC UHS-I yang didesain untuk aktivitas ekstrem, seperti suhu dingin dan di dalam air.

Kartu penyimpanan berkapasitas 256 GB itu dibuat secara khusus untuk menyimpan video dalam penggunaan drone atau kamera aksi seperti GoPro.

Karena itu, SanDisk juga mendesain microSD-nya agar tahan dalam menghadapi berbagai jenis kondisi ekstrem, seperti tahan cuaca dingin, tahan magnet, hingga tahan air.

Saat memperkenalkannya di ajang Mobile World Congress Shanghai 2016, Rabu (29/6/2016), SanDisk juga memeragakan ketahanan microSD tersebut.

SanDisk mengklaim microSD itu tetap berfungsi normal meski ditempatkan dalam kotak dingin yang juga berisi bongkahan es.

Di kotak lain, microSD itu ditempatkan bersama magnet untuk membuktikan ketahanan terhadap gelombang magnet. Tidak hanya itu, kartu itu juga dibenamkan dalam air untuk memperlihatkan kartu itu tahan air atau waterproof.

Bayu Galih/KOMPAS.com microsd SanDisk diklaim tahan magnet
Bayu Galih/KOMPAS.com Kartu microSD SanDisk yang diklaim tahan air.
Selain ketahanan, kartu microSD ini diklaim memiliki kecepatan kelas 10, dengan kecepatan read and write hingga 100 MB per detik.

Direktur Product Marketing SanDisk, Hon Wai Cheah, sebelumnya menjelaskan bahwa kartu ekstrem ini memang dibuat untuk memenuhi kepentingan penyimpanan gambar dengan resolusi super tajam yang dihasilkan drone atau action camera.

"Video berdurasi 4 menit dengan resolusi 4K yang diambil smartphone membutuhkan penyimpanan data lebih dari 1 GB. Untuk action camera seperti GoPro tentu lebih besar," kata Hon Wai Cheah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com