Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Layanan "Streaming" Musik Andalan untuk Bekal Mudik

Kompas.com - 30/06/2016, 19:48 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis


KOMPAS.com - Hiburan bisa dibilang merupakan salah satu kebutuhan penting untuk mendukung kenyamanan aktivitas mudik. Terlebih lagi, bagi mereka yang menempuh jarak panjang dan durasi lama.

Pemudik dengan kendaraan pribadi umumnya akan menambah aksesori, contohnya monitor, audio, dan DVD untuk menonton film. Namun, jika Anda tidak ingin mengeluarkan banyak modal atau menumpangi kendaraan umum, musik bisa dijadikan salah satu alternatif.

Lisa Gerrard, musisi kenamaan asal Australia pernah mengatakan, “Musik merupakan tempat untuk berlindung. Musik dapat menjadi pelarian dari rasa kosong dan bosan”.

Ya, musik cukup ampuh menjadi kawan penghibur atau pengusir rasa penat dalam perjalanan. Sudah begitu, menemukan jutaan koleksi musik untuk didengarkan pun tak lagi perkara sulit.

Anda dapat mengunduh aplikasi streaming pada ponsel dan gawai lainnya. Berikut ini 5 aplikasi terbaik yang layak Anda pilih:

1. Spotify

Spotify telah bermain di pasar musik dunia sejak tahun 2008. Aplikasi streaming asal Swedia ini memberikan berbagai pilihan musik yang dapat dicari berdasarkan musisi, album, genre, playlist, dan bahkan, label rekaman.

Layanan gratisnya membebaskan Anda mendengarkan lagu sesuka hati dengan batasan iklan serta aturan shuffle playlist--memutar lagu secara acak. Sementara itu, layanan berbayar Spotify mengenakan biaya sebesar Rp 49.990 per bulan.

Jangan takut apabila ponsel Anda kehilangan sinyal dalam perjalanan. Aplikasi ini menyediakan fitur offline, yaitu fasilitas menyimpan lagu dan mendengarkannya tanpa koneksi internet. Selain itu, Anda pun dapat bernyanyi sambil menghabiskan waktu dengan memanfaatkan fitur lirik yang tersedia.

2. Deezer

Deezer merupakan aplikasi yang cukup menarik untuk dikulik karena karena kaya akan fitur. Salah satunya adalah flow, atau memutarkan lagu secara acak berdasarkan referensi musik yang pernah Anda dengarkan. Fasilitas ini bermanfaat ketika Anda bosan dengan pilihan musik sendiri.

Aplikasi ini menyediakan beragam playlist buatan editor Deezer yang dibagi sesuai tren terkini, genre musik, dan suasana hati. Daftar lagu dapat Anda sesuaikan pula dengan aktivitas sehari-hari, misalnya playlist Dance Workout untuk menjadi teman olahraga.

Deezar fleksibel untuk digunakan pada sistem operasi Android, iOS, Windows, OS X dan Blackberry, serta melalui situs webnya. Deezer premium, layanan tanpa iklan, bisa Anda dapatkan hanya dengan harga Rp 73.000.

Thinkstock Zaman sekarang menemukan jutaan koleksi musik untuk didengarkan tak lagi perkara sulit.

3. Apple Music

Pada 2015, Taylor Swift menuliskan surat terbuka pada Apple. Ia menyatakan keberatan akan keputusan tim Apple Music yang tidak membayar musisi selama tiga bulan masa coba mereka.
Aksi Swift saat itu membuat tim Apple ketar-ketir. Kebijakan pun berubah dalam waktu singkat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com