Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Apple Tidak Mau Memuat "Update" Spotify di iOS?

Kompas.com - 01/07/2016, 14:07 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Recode

KOMPAS.com - Persaingan layanan music streaming makin memanas. Baru-baru ini, Spotify menuding Apple sengaja tak mau memuat update terbaru aplikasi Spofity untuk iOS di toko aplikasi App Store.

Langkah Apple itu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Re/code, Jumat (1/7/2016), diduga merupakan upaya mengurangi daya saing Spotify terhadap layanan music streaming Apple, Music.

“Apple kembali menunjukkan perlakuan tak mengenakkan dengan menyingkirkan dan menghilangkan daya saing Spotify di iOS dan sebagai rival Apple Music,” tulis surat yang dilayangkan kuasa hukum Spotify ke Apple.

“Kami tidak bisa berdiam diri selagi Apple memanfaatkan proses perizinan aplikasi di Apple Store sebagai senjata untuk menyerang kompetitor,” lanjut surat itu.

Apple sendiri mengatakan update Spotify ditolak karena layanan itu menggunakan mekanisme billing milik sendiri, bukan milik iTunes, untuk melakukan pembayaran dan karena itu melanggar ketentuan soal model bisnis App Store.

Pihak Spotify kurang setuju dengan pungutan yang diterapkan Apple terhadap setiap pembayaran konsumen yang dilakukan lewat sistem billing iTunes.

Selama ini Apple mengambil potongan 30 persen dari setiap pembelian yang dilakukan melalui iTunes. Pada awal Juni, angka tersebut diubah menjadi hanya 15 persen, tapi Spotify rupanya masih belum puas.

Layanan music streaming itu pun berupaya mengarahkan pelanggan ke situs miliknya sendiri (di luar iTunes) untuk melakukan pembayaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com