Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Beli Dulu Android Selain Nexus dan Samsung Galaxy

Kompas.com - 05/07/2016, 10:09 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Seorang ahli keamanan software ternama memberikan saran bagi orang-orang yang ingin membeli smartphone berbasis Android. Ia mengatakan, untuk saat ini sebaiknya hanya membeli perangkat seri Nexus atau keluaran terbaru dari Samsung saja. Mengapa?

Ahli yang dimaksud bernama Gal Beniamini dari sebuah perusahaan bernama Duo Labs. Ia merupakan pakar keamanan dan anggota dari Product Security Hall of Fame Qualcomm.

Beberapa waktu lalu, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Android Authority, Selasa (5/7/2016), Beniamini memperlihatkan sebuah celah keamanan yang sangat serius di Android.

Celah keamanan tersebut, dikatakannya, terdapat di semua perangkat berbasis Android yang belum mendapat "tambalan" (patch) keamanan untuk bulan Mei lalu.

Meski begitu, tidak diketahui celah keamanan seperti apa yang diperlihatkan oleh Beniamini.

Baca: Tahan, Jangan Beli Smartphone Android Dulu

Saat ini, diketahui ada sekitar 57 persen perangkat yang belum menerima update patch celah keamanan tersebut. Itu artinya, lebih dari setengah produk smartphone Android di seluruh dunia masih terancam bahaya tersebut.

Lebih lanjut, Beniamini mengungkapkan, hanya perangkat Nexus dan smartphone Samsung Galaxy terbaru yang meningkatkan keamanan sistemnya sejak pengujian yang sama pada Januari lalu.

Oleh karena itu, sang peneliti menyarankan untuk tidak membeli smartphone di luar kedua brand tersebut.

"Kami menemukan bahwa perangkat Android yang direkomendasikan adalah Nexus dan, sekarang, perangkat Samsung, karena mereka tetap merilis update keamanan dengan cepat," ujar peneliti tersebut.

Android, sistem operasi sejuta umat, memang memiliki reputasi yang kurang baik untuk masalah keamanan. Pasalnya, banyak celah keamanan ditemukan dan membuatnya rawan diserang.

Google sendiri sempat mengklaim bahwa jumlah serangan di sistem operasi bikinannya sudah tidak separah dulu.

Baca: Android Sudah Tak seperti Dulu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com