Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen "Hard Disk" Seagate Pangkas 6.500 Karyawan

Kompas.com - 12/07/2016, 17:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan hardware yang dikenal dengan produk-produk hard disk-nya, Seagate mengumumkan akan memangkas 6.500 karyawannya secara global. Jumlah tersebut setara dengan 14 persen dari total karyawannya saat ini.

Pengumuman tersebut seperti dikutip KompasTekno dari The Wall Street Journal, Selasa (12/7/2016), dibuat oleh Seagate tidak lama setelah perusahaan yang berbasis di Cupertino, California itu mengumumkan akan mengurangi 1.600 posisi di perusahaannya.

Seagate memiliki sekitar 45.000 karyawan tetap sebelum program pengurangan karyawan ini diumumkan. Pemangkasan karyawan pertama terjadi pada 29 Juni lalu di mana sekitar 3 persen karyawan terkena imbasnya.

Menurut juru bicara yang ditunjuk secara resmi oleh Seagate, pengumuman pengurangan karyawan secara besar-besaran yang diumumkan pada Senin lalu itu menargetkan karyawan di bagian operasi.

Pabrik Seagate saat ini ada di Malaysia dan China, selain juga beroperasi di Amerika Serikat dan Inggris Raya.

Segate sebagai pembuat hard disk dalam beberapa tahun belakangan diberitakan terus mengalami kerugian, akibat dari menurunnya permintaan PC atau komputer. Di sisi lain, pabrikan komputer mulai beralih dari hard disk cakram magnetik ke Solid Storage Disk (SSD) yang berbasis flash.

Namun demikian, Seagate tetap optimistis dengan bisnis hard disk-nya. Dalam laporan keuangannya di kuartal keempat yang berakhir 1 Juli lalu yang diterbitkan Senin (11/7/2016), Seagate mengklaim revenue perusahaan ditaksir sekitar 2,65 miliar dollar AS, lebih tinggi dari estimasi sebelumnya yang 2,3 miliar dollar AS.

Dari segi pengiriman, kuartal lalu Seagate memprediksi 37 juta hard disk telah dikirim ke seluruh dunia, dengan harga per unitnya 67 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com