Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Posting"-an di Instagram Bisa Dijadwal, Begini Caranya

Kompas.com - 14/07/2016, 15:41 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Postingan di Instagram kini bisa dijadwalkan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan aplikasi Buffer yang selama ini memang dikenal untuk penjadwalan konten media sosial.

Sebelumnya, penjadwalan via Buffer hanya bisa dilakukan untuk konten Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Pinterest. Dukungan teranyar untuk Instagram diharapkan mampu memudahkan akun-akun brand dalam hal pemasaran dan promosi via media sosial.

Sama halnya di Twitter atau Facebook, penjadwalan di Instagram bisa dilakukan langsung dari dashboard Buffer, sebagaimana dilaporkan TheNextWeb dan dihimpun KompasTekno, Kamis (14/7/2016).

The Next Web Konten di Instagram sudah bisa dijadwalkan via Buffer.

- Pertama-tama, Anda harus mengunduh aplikasi Buffer via Google Play Store atau Apple App Store.

- Akses penjadwalan juga bisa dilakukan via desktop dengan mengunjungi situs Buffer.

Setelah mendaftar atau sign up, Anda cukup memasukkan akun Instagram agar tersinkronisasi dengan Buffer.

- Selanjutnya, Anda sudah bisa menjadwalkan beberapa konten sekaligus sesuai jam yang diinginkan.

The Next Web Konten di Instagram sudah bisa dijadwalkan via Buffer.
Mekanisme ini lebih efisien dan mampu meningkatkan produktivitas. Pada pagi hari, Anda bisa menjadwalkan semua konten Instagram untuk seharian penuh. Sehabis itu, Anda bisa bersantai atau mengerjakan hal lain.

Jika tiba waktunya, Buffer akan mengirim notifikasi untuk mengingatkan bahwa konten segera terunggah ke Instagram. Notifikasi itu menunjukkan pratinjau alias preview suatu konten.

Anda bisa pula memanfaatkan fitur analitik untuk mendapat informasi penting terkait performa akun. Misalnya saja, Anda bisa mengetahui konten mana yang paling populer berdasarkan banyaknya like, komentar, atau impresi.

Buffer sendiri merupakan aplikasi freemium alias gratis tapi memiliki fitur-fitur berbayar di dalamnya. Bagi yang menikmati cuma-cuma, Buffer hanya bisa disinkronisasi ke satu akun.

Sementara itu, bagi yang memilih opsi berbayar, Buffer bisa dihubungkan ke beberapa akun sekaligus. Fungsi ini akan sangat berguna bagi admin media sosial untuk beberapa brand. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com