Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Lazada Indonesia Bakal Bisa Jualan ke Luar Negeri

Kompas.com - 20/07/2016, 17:12 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diakuisisi Alibaba pada April 2016 lalu, Lazada sudah menyiapkan beberapa rencana strategis. Salah satunya, e-commerce tersebut bakal memperluas cakupan bisnis bagi para merchant yang berjualan melalui platform-nya.

"Merchant adalah backbone kami. Ketika bisnis mereka tumbuh, maka kami ikut tumbuh," kata co-CEO Lazada Indonesia Florian Holm, Rabu (20/7/2016), dalam sesi media di Restoran Penang Bistro, Oakwood, Jakarta.

Penjual di Lazada ke depannya bisa menyasar pasar di luar Indonesia, bahkan di luar Asia Tenggara sebagai kawasan operasional Lazada. Para merchant bisa berdagang hingga ke China dan negara-negara lain di seluruh dunia.

"Alibaba sedang berekspansi ke seluruh dunia. Ini akan menghapus barrier bagi merchant Lazada di Indonesia untuk berjualan ke pasar yang lebih besar," ia menjelaskan.

Meski begitu, Florian belum bisa mengungkap secara spesifik kapan rencana ekspansi pasar bagi penjual Lazada bisa terwujud.

Diketahui, Alibaba merupakan pelaku e-commerce terbesar di China. Tak ingin melulu jago kandang, raksasa tersebut mulai melebarkan sayap ke negara-negara lain termasuk Indonesia dan rumpun Asia tenggara secara keseluruhan melalui akuisisi saham mayoritas Lazada.

Investasi Alibaba ke Lazada terdiri dari penanaman equity capital sebesar 500 juta dollar AS (setara Rp 6,5 triliun) dan akuisisi saham Lazada dari sejumlah pemegang saham lain seperti Rocket Internet dan Kinnevik.

Tesco, operator supermarket asal Inggris, masih memiliki saham di Lazada sebesar 8,3 persen. Nilai total investasi Alibaba di Lazada mencapai kisaran 1 miliar dollar AS (Rp 13,1 triliun).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com